Katedral Trapani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Trapani
Katedral-Basilika Santo Laurensius Martir
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Lorenzo Martire
Katedral Trapani
LokasiTrapani
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Trapani

Katedral Trapani, atau yang bernama resmi Katedral-Basilika Santo Laurensius Martir (bahasa Italia: Duomo di Trapani; Basilica cattedrale di San Lorenzo martire) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Trapani, Sisilia, Italia.

Gereja ini dibangun atas perintah Alfonso the Magnanimous pada tahun 1421 dan diangkat menjadi paroki pada paruh kedua abad kelima belas. Pada tahun 1844, ketika Keuskupan Trapani dibentuk, gereja tersebut dijadikan pusat episkopalnya.

Selama berabad-abad berikutnya, bangunan ini dimodifikasi beberapa kali dan tampilannya saat ini berasal dari restorasi abad kedelapan belas oleh arsitek Giovanni Biagio Amico.[1]

Spekus Corallii[sunting | sunting sumber]

Pidato yang melekat pada katedral, yang disebut Sala Laurentina, terletak di Via Generale Domenico Giglio, 10–12. Karya ini dirancang pada tahun 2015 oleh arsitek Antonino Cardillo,[2] ditugaskan oleh Mgr. Gaspare Gruppuso dan Concilio Pastorale, dan dibangun pada tahun 2016 dengan dana sumbangan pribadi yang sebelumnya dikumpulkan oleh Mgr. Antonino Adragna.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Giovanni Bonanno. Cattedrali di Sicilia. M.Grispo, 2000.
  2. ^ Cardillo, Antonino (27 Agustus 2016). "Specus Corallii". www.antoninocardillo.com. Diakses tanggal 11 November 2020. 
  3. ^ Genco, Lilli. "Trapani, riapre la Sala Laurentina - Diocesi di Trapani". www.diocesi.trapani.it.