Katedral Tivoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tivoli
Katedral-Basilika Santo Laurensius Martir
bahasa Italia: Insigne Basilica Cattedrale di S. Lorenzo M.
Katedral Tivoli
LokasiTivoli
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tivoli

Panti umat
Dekorasi di apse Katedral Tivoli
Kelompok patung Keturunan dari Salib (awal abad ke-13).

Katedral Tivoli (bahasa Italia: Duomo di Tivoli atau Basilica Cattedrale di San Lorenzo Martire) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Tivoli, Lazio, Italia. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Tivoli.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut sejarah, bangunan ini dibangun oleh Kaisar Konstantinus setelah Maklumat Milan (313). Tradisi lokal menghubungkan pembangunan gereja tersebut dengan Paus Simplisius (468-483), yang lahir di Tivoli. Liber pontificalis, dalam biografi Paus Leo III (795-816), memuat rujukan pertama pada "basilica beati martyris Laurentii sita infra civitatem Tyburtinam" ("basilica of the Blessed Martyr Lawrence in kota Tivoli").

Apapun tanggal pastinya, gereja pertama dibangun di atas basilika di forum kota Romawi Tibur (abad ke-1 SM ), yang apse-nya masih dapat dilihat di belakang salah satu bangunan yang sekarang. Gereja ini dibangun kembali dengan gaya Romawi antara abad ke-11 dan ke-12, dan menara loncengnya termasuk dalam pembangunan kembali ini.

Katedral yang sekarang, dalam gaya Barok, dibangun atas perintah Kardinal Giulio Roma, uskup Tivoli dari tahun 1634 hingga 1652. Katedral ini memiliki satu bagian tengah dengan kapel samping. Itu ditahbiskan pada tanggal 1 Februari 1641, dan selesai dengan serambi pada tahun 1650. Pada tahun 1747 pintu samping di utara dibuat, sedangkan dekorasi bagian dalam berasal dari awal abad ke-19.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bagian depan barat gereja memiliki serambi dengan tiga lengkungan, dan diapit oleh menara lonceng bergaya Romawi yang tingginya sekitar 47 meter. Interiornya didekorasi oleh pelukis Romawi Angelo De Angelis pada tahun 1816: di lemari besi terdapat lukisan yang menggambarkan Kemuliaan Santo Laurensius, Iman, dan Agama, sedangkan di bagian dalam apse digambarkan empat orang suci dari Tivoli: Paus Simplisius dan para martir Generosus, Symphorosa dan Getulius. Altarnya melambangkan Santo Laurensius di depan Hakim, dan dilukis oleh Pietro Labruzzi.

Kapel samping[sunting | sunting sumber]

Empat kapel dibuka di sepanjang sisi selatan katedral:

Dua kapel selanjutnya dibuka di sisi utara:

  • Kapel Juru Selamat Yang Mahakudus: didekorasi oleh Vincenzo Manenti. Di atas altar terdapat Triptych Juru Selamat yang terkenal, sebuah karya para biarawan Benediktin dari Biara Farfa (paruh pertama abad ke-12). kuiras perak dari triptych, dibuat oleh pengrajin Tuscan pada tahun 1449, sekarang disimpan di etalase di sebelah kiri
  • Kapel Para Martir Persia: didekorasi oleh Bartolomeo Colombo, asisten pelukis dan arsitek terkenal Pietro da Cortona. Kapel ini terletak di lorong menuju pintu samping gereja. Di sebelah kanan adalah monumen pemakaman uskup Tiburtine Angelo Leonini, yang meninggal pada tahun 1517

Juga di sisi utara, sakristi dirancang oleh arsitek Giovanni Antonio De Rossi (1655–57), dan berisi lukisan dinding oleh Giovanni Francesco Grimaldi, dan minyak di atas kanvas oleh Innocenzo Tacconi ( 1575 - setelah 1625), dengan The Martyrdom of St Lawrence, dan Vincenzo Manenti, dengan potret Kardinal Roma dan Santacroce.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Maria Grazia Bernardini (ed.), Sei-Settecento a Tivoli. Restauri e ricerche, exhibition catalogue (Tivoli, Villa d'Este, April 5 - August 31, 1997), Roma 1997, pp. 18–36, 46-47, 53-61, 76-81, 84-85, 88-93.
  • Franco Sciarretta, Viaggio a Tivoli. Guida della città e del territorio di Tivoli, attraverso 7 percorsi interni e 5 esterni, Tivoli 2001, pp. 64–78.
  • Franco Sciarretta, Guide to Tivoli. First Encounter with Tivoli (English edition), Tivoli 2005.
  • Camillo Pierattini, La Cattedrale di San Lorenzo a Tivoli, new edition by Francesco Ferruti, Tivoli 2008.
  • La Cattedrale di S. Lorenzo in Tivoli, brochure in Italian, French, English, and German, available on site.

Koordinat: 41°57′56″N 12°47′48″E / 41.96556°N 12.79667°E / 41.96556; 12.79667