Katedral Tegucigalpa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tegucigalpa
Gereja Katedral Metropolitan Santo Mikael sang Malaikat Agung di Tegucigalpa
Catedral de San Míguel Arcángel
bahasa Spanyol: Catedral Metropolitana de San Míguel Arcángel
Katedral Tegucigalpa
LokasiTegucigalpa
NegaraHonduras
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturGereja
GayaBarok
Dibangun1763-1786
Peletakan batu pertama1763
Selesai1786
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Tegucigalpa
ProvinsiFrancisco Morazan

Katedral Santo Mikael Sang Malaikat Agung[1] (bahasa Spanyol: Catedral Metropolitana de San Míguel Arcángel) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Tegucigalpa,[2] ibu kota negara Honduras.[3][4] Gereja ini terkenal sebagai gereja Katolik terbesar pada masa kolonial dan salah satu salah satu bangunan bersejarah yang paling terpelihara di Honduras.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di sisi kiri litograf Anda dapat melihat bagian La yang hilang Gereja Limpia de la Inmaculada Concepción, strukturnya masih ada ketika katedral telah selesai dibangun, ini adalah satu-satunya catatan visual keberadaannya.

Pada tahun 1746, kebakaran menghanguskan gereja yang didedikasikan untuk kota Tegucigalpa yang diberi nama Iglesia de La Limpia de la Inmaculada Concepción yang merupakan gereja di taman pusat Tegucigalpa. Itu terjadi ketika Uskup Honduras Diego Rodriguez de Rivas y Velasco, pada waktu itu hierarki apostolik di kota Comayagua, pada tahun 1756 memerintahkan pembangunan sebuah gereja baru di lokasi yang sama, menugaskan pendeta Jose Simeon untuk tujuan tersebut. Zelaya Cepeda.

Paroki St. Michael the Archangel didirikan pada tahun 1763, sedangkan katedral mulai dibangun antara tahun 1765-1786 oleh Pastor Jose Simeon Zelaya Cepeda, yang pernah belajar di Tridentine College of Comayagua, arsiteknya adalah Joseph Gregory Nazianzen Quiroz, asal Guatemala; pekerjaan itu ditahbiskan dan diresmikan oleh Fray Antonio de San Miguel pada tahun 1782. Pada tahun 1858 setelah kantor walikota Tegucigalpa memutuskan untuk menghancurkan sisa-sisa gereja tua yang sekarang berada di sisi kiri katedral. Satu-satunya bukti keberadaannya adalah arsip milik Keuskupan Tegucigalpa dan litograf dari tahun 1857 yang menunjukkan alun-alun Tegucigalpa dan gereja tersebut di sisi kiri, setelah dibongkar, lahan kosong tersebut digunakan untuk membangun gedung baru.

Pemandangan Katedral Tegucigalpa pada tahun 1904.

Katedral ini bertahan dari perang saudara di Honduras yaitu 1919 dan 1924, di mana berbagai bangunan di Tegucigalpa akan dirusak oleh peluru, namun gereja tersebut berhasil selamat dari tragedi ini. Antara tahun 1934 dan 1938, proses panjang restorasi bangunan dimulai, berupaya melestarikan karya seni di dalamnya. Berada pada tahun 1934, pelukis Honduras Teresa Victoria Fortín Franco adalah orang yang bekerja sama dengan guru Alejandro del Vecchio dalam dekorasi dan restorasi beberapa karya gereja katedral Tegucigalpa.

Selama beberapa dekade, penggalian arkeologi dimulai di dalam gereja untuk memahami teknik pembangunannya sejak abad ke-18. Dalam beberapa tahun terakhir, warna salmon aslinya telah dipulihkan, dan pekerjaan restorasi terbaru adalah renovasi interior serta teras sampingnya.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Altar emas dari abad XVIII di dalam katedral.

Bangunan ini berukuran panjang sekitar 60 meter, lebar 11 dan tinggi 18 meter, mempunyai satu badan berkubah dan tinggi kubahnya mencapai 30 meter. Gaya arsitekturnya adalah Baroque. Pada tahun 1788 pelukis religius José Miguel Gómez juga lulus dari Tridentino College of Saint Agustin dari Comayagua menyelesaikan karya lukisannya di Katedral, karyanya sebagai berikut: "Keluarga Kudus", "Tritunggal Mahakudus", " Santo Yohanes dari Colazan" dan "Perjamuan Kudus" "Empat Penginjil" dilukis menghiasi lemari besi. Pekerjaan ini dilakukan atas persetujuan Uskup Fray Diego Rodrigo de Rivas, dalam gaya "rockery" adalah Altar Utama dan perak depan altar utama tanpa melupakan patung indah San Miguel, di belakang katedral terdapat halaman dengan altar untuk menghormati Perawan Lourdes.

Gempa bumi tahun 1823 menyebabkan kerusakan parah pada katedral, sehingga ditutup untuk perbaikan selama enam tahun. Pada tahun 1934, pelukis Honduras Teresa Victoria Fortín Franco, bekerja sama dengan guru Alejandro del Vecchio dalam dekorasi dan restorasi beberapa karya Gereja Katedral Tegucigalpa.

Katedral San Miguel de Tegucigalpa adalah salah satu bangunan tertua dan terpenting di kota yang dipertahankan hingga saat ini dalam kondisi umum yang baik. Bangunan ini mempunyai tempat di Sejarah Honduras yang tidak terbatas pada lingkup pengaruh kota Tegucigalpa tetapi di seluruh negeri, menjadi gereja paling terkenal dan tradisional sejak awal abad ke-20 .

Karena bangunan tua, diajukan usulan untuk memulihkan interior, atrium, halaman samping dan fasad: proyek ini dilaksanakan oleh Departemen Penelitian Antropologi melalui Bagian Arkeologi Institut Antropologi dan Sejarah Honduras.

Tokoh sejarah terkubur di katedral[sunting | sunting sumber]

Beberapa tokoh relevansi sejarah yang dimakamkan di katedral adalah:

  • Presbiter José Simón Zelaya Cepeda, pembangun katedral.
  • Imam José Trinidad Reyes, pendiri Universitas Nasional Honduras.
  • Jenderal José Santos Guardiola, Presiden Negara Bagian Honduras.
  • Jenderal Manuel Bonilla, Presiden Republik Honduras.
  • Uskup José María Martínez y Cabañas, hierarki pertama Keuskupan Agung Tegucigalpa

Monumen Nasional[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dinyatakan sebagai Monumen Nasional berdasarkan Keputusan Legislatif No. 8 yang dikeluarkan pada bulan Juli 1967, berdasarkan petisi yang dibuat di hadapan Dewan Deputi oleh Uskup Agung Honduras saat itu, Monsignor Héctor Enrique Santos Hernández

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Malaikat Agung St. Michael, Tegucigalpa
  2. ^ Tips Honduras: panduan perjalanan resmi Honduras. Copan Tips S. de R.L. 
  3. ^ Suarez, Flor de Maria. BRANCHES. Rumah Penulis. ISBN 9781491848678. 
  4. ^ Panduan Petualangan: Honduras & Kepulauan Bay. Hunter Publishing, Inc. 2006-01-01. ISBN 9781588435750.