Katedral Sulmona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sulmona
Katedral-Basilika Santo Pamfilus Uskup
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Panfilo Vescovo
Katedral Sulmona
LokasiSulmona
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sulmona-Valva

Katedral Sulmona (bahasa Italia: Duomo di Sulmona, Basilica Cattedrale di San Panfilo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sulmona, Italia, dan merupakan kedudukan Keuskupan Sulmona-Valva (sebelumnya Uskup Sulmona).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konstruksi bangunan yang sekarang, dengan gaya Romanesque, dimulai pada tahun 1075, meskipun situs tersebut lebih tua - sebuah kuil Romawi diyakini pernah berdiri di sana - dan apa yang sekarang terlihat adalah hasil dari banyak lapisan yang lebih baru. arsitektur yang diterapkan selama berabad-abad.

Dedikasi aslinya adalah kepada Perawan Maria, namun banyak perubahan terjadi pada abad ke-12, di antaranya perubahan dedikasi kepada Santo Pamphilus, santo pelindung Sulmona.

Katedral ini rusak parah akibat gempa bumi tahun 1706, dan dibangun kembali dalam bentuk Barok, beberapa di antaranya masih dapat dilihat meskipun telah dilakukan renovasi lebih lanjut.

Pada tanggal 25 September 1818, Paus Pius VII menganugerahkan katedral S. Pamfilo di Sulmona gelar kehormatan "basilika minor".[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bulliarii Romani Continuatio Tomus 25 (Roma 1853), hlm.118-119, no. DCCCXV.