Katedral Sirakusa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sirakusa
Katedral Kelahiran Santa Perawan Maria
bahasa Italia: Cattedrale della Natività di Maria Santissima
Katedral Sirakusa
LokasiSirakusa, Sisilia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Sirakusa

Ukiran daun Acanthus di fasad barok

Katedral Sirakusa (Duomo di Siracusa), yang secara resmi disebut Cattedrale metropolitana della Natività di Maria Santissima (Katedral Metropolitan Kelahiran Santa Perawan Maria Yang Suci), adalah sebuah gereja katedral Katolik kuno yang terletak di Sirakusa, Sisilia, Italia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan Keuskupan Agung Sirakusa. Strukturnya awalnya berupa kuil doria Yunani, dan oleh karena itu gereja ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO yang ditetapkan pada tahun 2005.[1]

Katedral ini berdiri di pusat bersejarah kota di Pulau Ortygia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul gereja di situs ini berasal dari zaman prasejarah. Kuil Athena Yunani yang agung dibangun pada abad ke-6 SM [590-580 SM]. Kuil itu merupakan bangunan Doric dengan enam kolom di sisi pendek dan 14 kolom di sisi panjang. Plato dan Athenaeus menyebutkan kuil, dan penjarahan ornamennya disebutkan oleh Cicero, pada tahun 70 SM, sebagai salah satu kejahatan gubernur Verres.[2]

Penggalian situs arkeologi oleh Paolo Orsi pada tahun 1907-1910 menunjukkan kuil Yunani dibangun di atas fondasi yang lebih tua, dan menemukan kekayaan artefak kuno dan pra-Hellenik. Banyak yang dipegang oleh Museo archeologico regionale Paolo Orsi di Syracuse.

Katedral yang sekarang dibangun oleh Santo Uskup Zosimo dari Sirakusa pada abad ke-7. Langgam Doria yang rusak dari kuil asli digabungkan dengan dinding gereja saat ini. Mereka dapat dilihat luar dan dalam.[3] Bangunan ini diubah secara paksa menjadi masjid pada tahun 878, kemudian diubah kembali ketika Norman Roger I dari Sisilia merebut kembali kota itu pada tahun 1085.[4] Atap bagian tengahnya berasal dari Norman, begitu pula mosaik di apses.

Sebagai bagian dari peningkatan aktivitas pembangunan setelah gempa Sisilia tahun 1693, katedral dibangun kembali dan fasadnya didesain ulang oleh arsitek Andrea Palma pada tahun 1725–1753. Gaya ini diklasifikasikan sebagai Tinggi Baroque Sisilia, sebuah contoh yang relatif terlambat. Urutan ganda Kolom Korintus pada fasad memberikan contoh klasik ukiran daun Acanthus di ibu kota. Pematung Ignazio Marabitti menyumbangkan patung berukuran penuh pada fasad.

Bagian dalam gereja, bagian tengah dan dua lorong, memadukan dinding pedesaan dan detail Barok. Fitur-fiturnya termasuk font dengan baskom marmer yang berasal dari abad ke-12 atau ke-13, ciborium (kanopi altar) yang dirancang oleh arsitek Luigi Vanvitelli, dan patung Madonna della Neve ("Madonna dari Salju", 1512) oleh Antonello Gagini.

St.Lucy[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2015 katedral ini menyimpan sejumlah relik Santa Lusia, pelindung kota: sejumlah pecahan tulang, jubah, kerudung, dan sepasang sepatu.[5] Twice setahun pada hari Minggu pertama bulan Mei dan tanggal 13 Desember, hari raya miliknya, patung Santo Lucy karya pematung Pietro Rizzo (1599), dibawa keluar dari katedral dan diarak di jalan-jalan. Patung perak itu memiliki tiga bagian tulang rusuknya di dalam dadanya.

Katedral berbagi Piazza Duomo dengan Gereja Santa Lucia alla Badia, dapat dicapai dengan berjalan kaki singkat ke selatan. Gereja itu dulunya memajang lukisan Caravaggio Penguburan St. Lucy, sekarang bertempat di gereja Santa Lucia al Sepolcro di Syracuse.

Situs Warisan Dunia[sunting | sunting sumber]

Katedral berdiri sebagai elemen utama dari pusat bersejarah Syracuse. Sejak tahun 2005, seluruh kota Syracuse, bersama dengan Necropolis of Pantalica, terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Program ini bertujuan untuk membuat katalog, memberi nama, dan melestarikan situs-situs yang memiliki kepentingan budaya atau alami yang luar biasa bagi warisan bersama kemanusiaan.

Panitia penentu yang mengevaluasi kandidat potensial menjelaskan alasan mereka memilih Syracuse karena "monumen dan situs arkeologi yang terletak di Syracuse adalah contoh terbaik dari kreasi arsitektur luar biasa yang mencakup beberapa aspek budaya; Yunani, Romawi dan Baroque", setelah itu Syracuse Kuno "terkait langsung dengan peristiwa, gagasan dan karya sastra yang memiliki makna universal yang luar biasa".[6]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pusat Warisan Dunia UNESCO. "Syracuse dan Pemakaman Berbatu Pantalica". whc.unesco.org. Diakses tanggal 2017-09- 08. 
  2. ^ Linder. "Permohonan Kedua (orasi keempat) Cicero dalam Pengadilan Gayus Verres". 
  3. ^ The Oxford Companion to Archaeology, oleh Brian M. Fagan, 1996, halaman 646
  4. ^ Salerno, Vincenzo. "Katedral Siracusa", Majalah Terbaik Sisilia, 2012
  5. ^ Saints In Rome and Beyond, oleh Daniel Thelen, halaman 129-130
  6. ^ "Syracuse dan Rocky Necropolis of Pantalica". UNESCO.