Katedral Segorbe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Segorbe
Basilika Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral de la Asunción de la Virgen
Katedral Segorbe
LokasiSegorbe
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Segorbe-Castellón

Katedral Segorbe yang bernama resmi Katedral Maria Diangkat ke Surga (Spanyol: Catedral de la Asunción de la Virgen) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Segorbe, provinsi Castellón, Spanyol. Katedral ini adalah tahta Keuskupan Segorbe-Castellón. Pangkatnya dinaikkan menjadi basilika minor pada tahun 1985.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral (altar)

Terletak di dekat tembok kota, gereja yang dulunya merupakan masjid ini telah dibangun kembali sepenuhnya pada tahun 1246 dengan gaya Gotik Valencia sedemikian rupa sehingga tidak mempertahankan jejak arsitektur Arab.[2][3] Dari bangunan abad ke-13 ini, hanya sebagian dari fasad barat, kubah beberapa kapel, dinding penahan beban, menara Santa Barbara, menara lonceng dan biara tetap ada. Itu ditahbiskan pada tanggal 7 Mei 1534,[4] dan memiliki satu bagian tengah cross-vault, tanpa transept dan kubah, dengan kapel terletak di antara penyangga. Terhubung melalui jembatan dengan istana episkopal tua.

Menara lonceng, dengan tampilan besar dan denah persegi, biasanya Romawi dalam kesederhanaannya. Ia berdiri di ketinggian 36 meter (118 ft). Biara Gotik memiliki denah trapesium dan dua lantai: lantai bawah dibangun pada abad ke-14-15, sedangkan lantai lainnya dibangun pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16. Fasad utama dibangun pada tahun 1665.

Presbiteri diperbarui dalam gaya Renaisans pada abad ke-16; altar tinggi juga ditambahkan pada tahun 1530, di bawah desain Vicente Juan Masip.[2] Gereja didekorasi oleh lukisan dinding Luis Planes.[4]

Gereja ini direnovasi pada tahun 1791-1795 dalam gaya Neo-klasik, sehingga struktur Gotiknya hampir tersembunyi seluruhnya. Bagian tengahnya diperpanjang, dan altar baru ditambahkan.

Museum[sunting | sunting sumber]

Museum Katedral menyimpan beberapa karya seni seniman lokal dan asing, termasuk Gotik Internasional, lukisan Flemish abad ke-15, aliran Valencia abad ke-16, dan karya-karya yang lebih baru. Seniman yang diwakili termasuk Jaume Mateu (St. Jerome Altarpiece, c. 1450), Vicente Juan Masip dan putranya Juan (dua altar abad ke-16), serta Donatello, dengan karya yang dikaitkan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catedral de la Asunción de la Virgen". Diakses tanggal 16 Mei 2011. 
  2. ^ a b Villanueva 1804, hlm. 17
  3. ^  Ruiz Amado, Ramon (1913). "Segorbe". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  4. ^ a b Villanueva 1804, hlm. 19

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  •  Ruiz Amado, Ramon (1913). "Segorbe". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  • Villanueva, Jaime (1804). "Restauracion de la moderna iglesia de Segorve". Viage literario á iglesias de España : Le Publica con algunas observaciones (dalam bahasa Spanish). 3–4. Madrid: Imprenta real. hlm. 1–26. Diakses tanggal 16 May 2011.