Katedral Sarzana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sarzana
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Sarzana
LokasiSarzana
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan La Spezia-Sarzana-Brugnato

Katedral Sarzana (bahasa Italia: Concattedrale di Santa Maria Assunta di Sarzana) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sarzana, Liguria, Italia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta dari Keuskupan La Spezia-Sarzana-Brugnato. Katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Bangunan ini merupakan campuran gaya Romawi dan Gotik, yang mencerminkan lamanya periode pembangunannya, dari awal abad ke-13 hingga akhir abad ke-15.

Katedral ini tercatat sebagai rumah peninggalan Santo Andreas[1] dan Darah Kristus. Ada juga Romawi Salib Maestro Guglielmo yang penting pada tahun 1138.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun di lokasi bekas pieve San Basilio dan sedang dibangun dari tahun 1204 hingga 1474, ketika bagian atas bagian depan barat diselesaikan oleh Leonardo Riccomanni dari Pietasanta. Pada tahun 1735 tiga patung paus ditambahkan pada bagian atas fasad: Santo Eutychianus di tengah-tengah antara Paus Sergius IV dan Paus Nicholas V.[2]

Katedral ini dibangun sebagai tempat kedudukan Uskup Luni ketika akhirnya dipindahkan ke sini pada tahun 1202 setelah beberapa perpindahan sebelumnya; keuskupan diganti namanya menjadi Sarzana pada tahun 1465. Keuskupan Sarzana dimasukkan ke dalam Keuskupan La Spezia-Sarzana-Brugnato (kemudian dikenal sebagai Keuskupan Luni o La Spezia, Sarzana e Brugnato) pada tahun 1929.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cattedrale di Sarzana". 
  2. ^ Eutychianus diyakini sebagai patung berasal dari Luni, pendahulu Sarzana sebagai pusat keuskupan, dan Nicholas adalah penduduk asli Sarzana. Hubungan Sergius tidak jelas.
  3. ^ Hierarki Katolik: La Spezia-Sarzana-Brugnato