Katedral Sarlat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sarlat
Katedral Saint Sacerdos
Prancis: Cathédrale Saint-Sacerdos de Sarlat
Katedral Sarlat
LokasiBayonne
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Périgueux

Katedral Sarlat (Cathédrale Saint-Sacerdos de Sarlat) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sarlat-la -Canéda, Prancis. Itu adalah monumen nasional.

Keuskupan Sarlat didirikan pada tahun 1317 dengan sejumlah keuskupan di wilayah tersebut setelah penindasan terhadap Albigensian. Uskup baru Sarlat adalah kepala biara Biara Sarlat kuno, yang gerejanya menjadi katedral. Pembangunan kembali dimulai pada tahun 1504, namun baru selesai pada tahun 1680-an.[1] (Belfry dibangun pada tanggal 9 abad). Keuskupan tersebut dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801 dan wilayahnya dipindahkan ke Keuskupan Périgueux.

Dedikasinya mengacu pada Saint Sacerdos dan bukan pada istilah Latin sacerdos ("imam"). Ada dua orang suci Perancis yang disebut Sacerdos, tetapi katedral mengacu pada Sacerdos dari Limoges, yang reliknya diterima selama Abad Pertengahan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Manufacture française des pneumatiques Michelin (1991). Michelin Dordogne, Périgord-Quercy: Tourist Guide. Michelin Tyre. hlm. 138. ISBN 978-2-06-701323-0.