Katedral Santander

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santander
Basilika Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Martir Suci Emeterius dan Celedonius
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Asunción de Santander
Katedral Santander
43°27′38″N 3°48′27″W / 43.46056°N 3.80750°W / 43.46056; -3.80750Koordinat: 43°27′38″N 3°48′27″W / 43.46056°N 3.80750°W / 43.46056; -3.80750
LokasiSantander, Cantabria
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webWebsite Keuskupan Santander
Sejarah
Nama sebelumnyaBiara Santander; Colegiata de los Cuerpos Santos
DedikasiMaria Diangkat ke Surga
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaGotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Santander

Katedral Santander yang bernama resmi Basilika Katedral Maria Diangkat ke Surga Perawan Maria Santander (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Asunción de Santander) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Santander di Spanyol. Strukturnya sebagian besar Gotik, meskipun telah diperluas dan direnovasi di kemudian hari.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Patung luar di Katedral Santander

Katedral ini merupakan kompleks monumental bersejarah yang dibangun antara akhir abad ke-12 dan ke-14 di atas bekas Biara Santander yang juga dikenal sebagai "Biara Badan Suci" (Abadía de los Cuerpos Santos), sebuah biara tua yang didedikasikan untuk para Suci Emeterius dan Celedonius.

Gereja ini dibangun dari abad ke-8 di atas bukit yang dikenal sebagai Cerro de Somorrostro, dikelilingi oleh air, tempat pemukiman Romawi Portus Victoriae Iuliobrigensium sebelumnya berada, untuk menjaga keamanan peninggalan orang-orang suci yang mati syahid di Calahorra lima abad sebelumnya, ketika tengkorak mereka dibawa ke Santander oleh mereka yang melarikan diri dari invasi Muslim di Semenanjung Iberia.

Pembangunan tingkat bawah dimulai pada abad ke-12, tak lama setelah kota tersebut diberikan fuero. Awalnya gereja biara, dijadikan gereja perguruan tinggi dengan gelar Colegiata de los Cuerpos Santos ("gereja perguruan tinggi Badan Suci") pada tahun 1131 oleh Raja Alfonso VII, Kaisar. Rekonstruksinya dalam bentuknya yang sekarang dimulai oleh Alfonso VIII, setelah fuero Santander diberikan pada tahun 1187.

Tingkat atas gereja dibangun antara akhir abad ke-12 dan awal abad ke-14. Akhirnya, biara Gotik dibangun.

Portal utama, yang dibangun sekitar tahun 1230, sangat menarik karena berisi lambang ukiran pertama yang menunjukkan singa dan kastil bersama-sama, setelah penyatuan terakhir Castile dan León pada masa Fernando III, yang putranya, Sancho, menjadi kepala biara di sini.

Gereja ini diperluas pada abad ke-16 dan ke-17, dengan memasukkan kapel-kapel baru.

Pada tahun 1754 Keuskupan Santander dibentuk, dan gereja perguruan tinggi diubah menjadi katedral oleh Paus Benediktus XIV, sebagai kedudukan uskup baru Santander.

Kapal ini mengalami kerusakan yang cukup parah akibat ledakan dinamit yang sangat besar di kapal uap Cabo Machichaco di pelabuhan pada tahun 1893. Setelah selamat dari Perang Saudara Spanyol, kapal tersebut mengalami kerusakan serius dalam Kebakaran Santander tahun 1941 , dan memerlukan rekonstruksi dan perbaikan besar-besaran dari tahun 1942 hingga 1953, ketika dibuka kembali. Arsitek yang bertanggung jawab atas tugas ini adalah José Manuel Bringas dan Juan José Resines del Castillo.

Restorasi penuh hormat yang dilakukan pada bagian yang terkena dampak saat ini memungkinkan apresiasi terhadap kualitas arsitektur monumen asli.

Gereja juga merupakan basilika kenangan kuno.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]