Katedral Santa Giusta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santa Giusta
Katedral Santa Yusta
bahasa Italia: Duomo di Santa Giusta
Katedral Santa Giusta
LokasiSanta Giusta, Oristano
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Oristano

Katedral Santa Giusta (bahasa Italia: Basilica di Santa Giusta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Santa Giusta, provinsi Oristano, Sardinia, Italia. Dedikasinya ditujukan kepada Santa Yusta dari Cagliari yang, menurut tradisi, martir di sini pada masa kaisar Romawi Diokletianus, bersama rekan-rekannya Santo Justina dan Aenidina. Hampir seluruhnya dibangun di batu pasir, ini dianggap sebagai salah satu contoh terpenting arsitektur Romawi Sardinia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini didirikan pada awal abad ke-12 oleh pekerja lokal dan pekerja Pisa, yang terakhir berpengalaman dari Katedral Pisa. Beberapa sejarawan seni menduga ada gereja lain di situs tersebut sebelumnya, namun hal ini belum terbukti secara pasti.

Pada abad 16-17 tembok selatan dihancurkan untuk memungkinkan pembuatan dua kapel. Pada tahun 1503 Keuskupan Santa Giusta dihapuskan dan dianeksasi ke Oristano. Pada tahun 1847 sebuah pagar marmer dibangun untuk mengelilingi presbiteri, sedangkan mimbar ditambahkan pada tahun 1876. Pada tahun 1860 bekas menara lonceng berbentuk layar runtuh, dan digantikan oleh sebuah persegi. menara lonceng bergaya neo-Romawi, selesai tahun 1906.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Basilika ini memiliki fasad dari batu pasir tanpa dekorasi, dengan tiga teluk yang sesuai dengan bagian tengah interior dan dua lorong. Yang di tengah mempunyai portal utama, yang di atasnya ada tiga jendela berjendela. Fasadnya diatapi oleh timpanum yang juga dibagi menjadi tiga bagian, bagian tengah menampilkan lozenge. Di dekat pilaster yang mengapit portal terdapat dua kolom tua, yang mengarah pada hipotesis bahwa gereja pernah memiliki serambi atau struktur serupa.

Dinding sampingnya dibagi menjadi lengkungan buta dengan Lombard band, tetapi sebaliknya hanya memiliki sedikit dekorasi. Yang lebih banyak adalah ciri-ciri apse, dengan semi-kolom yang didukung oleh plinth dan diakhiri dengan ibu kota berbentuk daun, pita Lombard dan enam jendela berjendela tunggal (tiga jendela bawah menerangi apse gereja ruang bawah tanah).

Di bagian dalam, lorong dan bagian tengahnya dipisahkan oleh tujuh kolom dengan arkade, terbuat dari bahan pemukiman kuno di daerah tersebut. Lorongnya ditutupi oleh groin vault, sedangkan bagian tengahnya memiliki trusses. Kolom di ruang bawah tanah itu asli.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Coroneo, Roberto (1993). Architettura Romanica dalla metà del Mille al primo '300. Nuoro: Ilisso. ISBN 88-85098-24-X. 

Koordinat: 39°52′54″N 8°36′26″E / 39.881667°N 8.607222°E / 39.881667; 8.607222