Katedral Sansepolcro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sansepolcro
Katedral Santo Yohanes Penginjil
bahasa Italia: Concattedrale di S. Giovanni Evangelista
Katedral Sansepolcro
LokasiSansepolcro
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Arezzo-Cortona-Sansepolcro

Katedral Sansepolcro (bahasa Italia: Duomo di Sansepolcro; secara resmi merupakan katedral bersama) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sansepolcro, Toskana, pusat Italia .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tampilan interior.

Menurut tradisi, fondasi katedral ini dibangun pada abad ke-9, ketika dua penduduk asli wilayah tersebut yang pernah menjadi peziarah di Tanah Suci, Arcanus dan Giles (atau Egidio dan Arcano), kembali dan menetap di situs tersebut. . Di sana mereka membangun sebuah kapel yang didedikasikan untuk Saint Leonard dan mendirikan cara hidup monastik. Mereka telah membawa sebuah batu dari Gereja Makam Suci di Yerusalem (dengan demikian, San Sepulcro) bersama mereka dari gereja itu, sehingga menjadikannya sebagai tempat suci yang populer. ziarah situs.[1]

Penyebutan sejarah pertama mengenai biara Benediktin, yang didedikasikan untuk Makam Suci dan Empat Penginjil, didokumentasikan pada tahun 1012; Biara Sansepolcro. Gereja ini dibangun pada tahun 1012–1049, awalnya didedikasikan untuk Empat Penginjil dan Makam Suci (berasal dari nama Sansepolcro). Biara tersebut dinyatakan sebagai biara nullius. Sebuah komune mulai berkembang di sekitar biara karena biara tersebut dinyatakan sebagai kota pasar pada tahun 1038 oleh Kaisar Conrad II.[2] Selama abad ke-12, biara, yang memiliki banyak properti di sekitar Italia tengah, dipilih untuk dimasukkan ke dalam Ordo Camaldolese, yang berbasis di wilayah tersebut. bab biara segera (abad ke-13) merobohkan kapel asli dan membangun sebuah gereja besar bergaya Romawi, yang didedikasikan untuk St. santo pelindung kota) untuk melayani kebutuhan spiritualnya.

Pada tahun 1520, komunitas monastik ditindas dan biara nullius dipromosikan oleh Tahta Suci menjadi keuskupan biasa, dan gereja biara tersebut dinyatakan sebagai katedral. Paus Leo X mendirikan Keuskupan Sansepolcro, dengan gereja menjadi katedralnya; katedral ini didedikasikan kembali kepada pelindung kota, St. Yohanes Penginjil. uskup pertama yang ditunjuk untuk memimpin keuskupan adalah abbot terakhir biara, Galeotto Graziani, O.Cam.[3] istana episkopal untuk keuskupan berdiri di atas situs bekas biara dan biara, masih dengan lukisan dinding abad ke-15 yang menggambarkan kehidupan St. Benediktus, serta makam seniman Piero della Francesca, penduduk asli kota tersebut.

Pekerjaan restorasi besar-besaran dilakukan antara tahun 1934 dan 1943, menghancurkan sebagian besar elemen Barok yang ditambahkan selama berabad-abad pada bangunan asli abad pertengahan. Beberapa lukisan dinding karya sekolah Rimin dan karya Bartolomeo della Gatta (abad ke-14-15) terlihat kembali, dan sebuah kapel baru, yang disebut Cappella del Volto Santo, ditambahkan ke rumah tersebut. yang disebut ikon "Wajah Suci", yang sebelumnya terletak di altar. Paduan suara baru dibangun pada tahun 1966–1967.

Gereja ini menjadi kon-katedral dengan penggabungan keuskupan Arezzo, Sansepolcro dan Cortona pada tahun 1986.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kecuali area apse, gereja tetap mempertahankan denah basilika abad ke-14 dengan bagian tengah dan dua lorong. Elemen Romawi mencakup arkade bundar internal, ibu kota, dan proporsi umum. Lebih dipengaruhi oleh Gotik (gaya yang menyebar luas ketika gereja dibangun) adalah portal fasad dan jendela di atasnya. Jendela Mawar adalah hasil restorasi selanjutnya.

Awalnya gereja harus menerima apse poligonal Gotik yang lebih memanjang, digantikan oleh menara lonceng yang dipengaruhi oleh Umbrian struktur serupa.

Karya seni di interior termasuk Incredulity of St. Thomas karya Santi di Tito (1576–1577), lukisan dinding Penyaliban karya Bartolomeo della Gatta (1486), sebuah Adoration of the Shepherd oleh Durante Alberti dan, di altar tinggi, Resurrection Polyptych oleh Niccolò di Segna (c. 1348). Di lorong kiri terdapat apa yang disebut Sansepolcro Altarpiece, atau Ascension of Christ, yang dilaksanakan oleh master Renaisans Perugino sekitar tahun 1510.

Di samping gereja terdapat Istana Uskup, salah satu bagian dari biara aslinya. Biaranya mempunyai lukisan dinding abad ke-16 yang menggambarkan Kehidupan St. Benediktus, serta makam seniman Piero della Francesca.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arezzo: Sansepulcro Guide". Unseen Tuscany. 
  2. ^ { "Mengunjungi Sansepolcro dan Anghiari di Tuscany". Villa di Blog Umbria. 
  3. ^ "Keuskupan Sansepolcro". GCCatholic.org. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Ricci, I. (1943). L'abbazia camaldolese e la cattedrale di S. Sepolcro, Sansepolcro. Tipografia Boncompagni. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]