Katedral Sandakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Sandakan
Gereja Katedral Santa Maria di Sandakan
Melayu: Katedral St. Mary
Katedral Sandakan
LokasiSandakan
NegaraMalaysia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sandakan

Katedral Santa Maria,[1] atau Katedral Sandakan, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Sandakan,[2] Sabah, Malaysia.[3][4] Katedral Sandakan menjadi gereja induk, pusat kedudukan dan takhta dari Keuskupan Sandakan (Dioecesis Sandakaanus atau Keuskupan Sandakan). Katedral Sandakan didirikan pada tahun 1883, dan menjadi gereja tertua di Sandakan.

Selama abad kesembilan belas didirikan sebuah prefektur yang berbasis di Labuan, sebuah pulau di lepas pantai barat laut Kalimantan. Pada periode tersebut didirikan di wilayah berbagai stasiun misi, termasuk misi Santa Maria dari Sandakan, sebuah kota kecil di pesisir pulau Kalimantan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian dan tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Prefektur Apostolik Kalimantan Utara dan Labuan didirikan pada tanggal 27 Agustus 1855. Setelah itu, wilayah tersebut berada di bawah kendali Inggris, dan misionaris berbahasa Inggris dicari, dan pada tanggal 19 Maret 1881, Vatikan menugaskan pekerjaan evangelisasi ke Masyarakat Misionaris Saint Joseph di Mill Hill di Inggris. Salah satu tempat pertama yang dikunjungi "Mill Hill Fathers" adalah Sandakan. Mgr. Thomas Jackson, Prefek Kerasulan Kalimantan Utara ke-2, tiba pada bulan Mei 1882 untuk menghadiri jamuan makan malam merayakan pemberian Piagam kepada North Borneo Chartered Company pada bulan November 1881. Dalam kunjungan pertama ini, ia dapat menemukan tempat yang cocok untuk stasiun misi masa depan akan dibangun. Dia mengetahui bahwa ada sekitar 4.500 orang Tionghoa di Sandakan, dan berpikir untuk mendirikan misi bagi mereka.

Sejak 1883
Gereja Santa Maria sebelum Perang Dunia II

Selanjutnya, pada bulan Mei 1883 Mgr. Thomas Jackson membeli lima (5) hektar tanah di sebuah bukit di Sandakan, dan pada tahun yang sama memerintahkan Pastor Romo Alexander Prenger akan mendirikan misi di sini. Bersama-sama mereka membangun gubuk sementara yang terbuat dari kajang (anyaman Pandanus), yang Prenger persembahkan untuk Perawan Maria, dan seluruh petaknya diberi nama Bukit St. Memiliki harapan yang tinggi terhadap Misi Sandakan, Jackson pun meminta kepada Pastor Romo Benedict Pundleider akan bergabung dengan Prenger di Sandakan. Pada tanggal 24 Juli 1883, Romo Prenger dan Romo Pundleider membuka Sekolah St. Mary, sekolah pertama di Kalimantan Utara. Pada bulan Oktober di tahun yang sama, sudah ada rumah yang layak, asrama untuk tempat tinggal anak laki-laki, dan sebuah gereja kecil.

Biara Santa Maria, Kalimantan Utara Britania

Namun, Sandakan sering menjadi sasaran serangan bajak laut, menyebabkan banyak orang mengungsi ke pedalaman demi keselamatan. Romo Pundleider menganggap dua pastor yang melayani di Sandakan terlalu banyak dengan kondisi yang diberikan, dan berangkat pada bulan Februari 1884 untuk membuka stasi misi di Bundu Kuala Penyu. Dibiarkan sendirian, Prenger mencoba mengkonsolidasikan misi dan sekolah. Namun, pada bulan November 1885, Jackson memerintahkan dia untuk berangkat, karena “Sandakan tidak sehat; angin bertiup melintasi teluk; banyak orang Tionghoa yang sakit, tidak ada air bersih di kota; dan Romo Prenger sering sakit.” Romo Prenger menutup misi dan sekolah serta membuka stasiun misi di Penampang.

Pembangunan kembali[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 1886, Romo John Byron mengunjungi Sandakan dan menemukan 26 umat Katolik. Setelah ditutup selama dua tahun, Misi Sandakan dibuka kembali oleh Romo Byron pada Mei 1887. Pada tanggal 15 Agustus 1887, Sekolah St. Mary juga dibuka kembali. Mulai tahun ini dan seterusnya Sekolah St. Mary berkembang secara bertahap, dengan asisten rektor hanya bertahan selama beberapa tahun. Pertama, Romo Bernard Kurz bergabung dengan Romo Byron pada bulan September 1887. Ia digantikan oleh Romo Francis Dibona pada bulan Maret 1888, kemudian Romo Julius Verbrugge, Romo John Rientjies pada bulan November 1889, dan Romo Albert Reyffert empat tahun kemudian pada bulan November 1893.

Biara Santa Maria

Pada tahun 1891, sebuah sekolah untuk anak perempuan dimulai. Suster Kulit Putih (Misionaris Fransiskan St. Joseph) membuka Biara St. Mary pada tanggal 5 November 1891. Empat suster pertama adalah Sr. Theresa, Sr. Peter, Sr. Rose dan Sr. Collete. Ini merupakan biara pertama yang dibuka di Kalimantan Utara. Setelah tahun 1899, Sandakan menjadi sebuah Misi yang didirikan dengan sebuah pastoran, sekolah khusus laki-laki, sebuah biara, dan gereja. Romo Cornelius Keet menjadi rektor. Pada tahun yang sama, sejumlah besar pengungsi Katolik Filipina melarikan diri ke Sandakan karena perang di Filipina. Hal ini menciptakan peningkatan populasi Katolik secara artifisial. Pada tahun 1900, Romo Cornelius de Vette datang untuk membantu. Tahun 1903 menyaksikan kedatangan lebih banyak pengungsi Filipina. Pada tahun 1904, de Vette membangun gereja permanen di Sandakan. Beberapa tahun berikutnya dalam sejarah Misi dan Sekolah di Sandakan mengikuti pola yang hampir sama yaitu masa jabatan singkat berbagai imam.

Menjelang akhir tahun 1907, situasi menjadi normal di Filipina, dan banyak orang Filipina kembali ke rumah. Antara tahun 1909 dan 1920, sejumlah pastor Mill Hill datang untuk meneruskan misi, namun beberapa hanya tinggal selama satu tahun dan yang lainnya selama dua tahun. Dalam periode ini, Tawau dibuka sebagai misi luar Sandakan pada tahun 1915. Dengan seringnya perpindahan para pastor masuk dan keluar Sandakan, tidak ada kesinambungan dalam pekerjaan misi, yang tidak dapat diharapkan untuk meningkatkan banyak hal. Selain itu, beberapa pastor menghabiskan lebih banyak waktunya di sekolah.

Interior Katedral Sandakan

Pada awal tahun 1920, dengan pengangkatan Romo Aloysius Stotter sebagai rektor di Sandakan, pekerjaan misi menjadi lebih aktif. Sekolah juga meningkat dari hari ke hari. Dia membangun gedung tiga lantai, dan bersama Pastor Romo Bernard J. Davis yang menjalankannya, menjadi sekolah terbaik di Kalimantan Utara. Pada tahun 1923, Romo Stotter ingin mengabdikan sebagian besar waktunya untuk merawat umat Katolik yang jumlahnya terus bertambah. Dia menghubungi La Salle Brothers untuk mengambil alih sekolah tersebut, tetapi tidak ada kesepakatan yang dapat dicapai. Para Bapa yang datang belakangan melanjutkan pekerjaan perluasan yang dilakukan para Bapa sebelumnya.

Beberapa dekade mendatang sepertinya akan tertutupi oleh “sejarah” karena hanya sedikit catatan yang tersedia. Misi ini terus berkembang hingga Perang Dunia Kedua ketika para pastor Eropa ditangkap dan dikirim ke kamp perang. Menurut Romo Laurence M. Parsons, “Saya tiba di Sandakan pada bulan November 1933 untuk mengambil alih Misi. Saya dipinjamkan ke Jesselton selama setahun pada tahun 1935, dan kemudian kembali ke Sandakan sampai saya dibawa pergi oleh Jepang. Jepang merobohkan St. Mary’s pada tahun 1943.”

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral St. Mary, Sandakan, Sabah, Malaysia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-07-09. 
  2. ^ Malaysia. 
  3. ^ "Sejarah St.Mary". www.rc.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-13. Diakses tanggal 2016-07-09. 
  4. ^ "St. Paroki Katedral Maria di Katedral St. Mary, Hill Road, Sandakan, Sabah 90728 (Difilter oleh: 90728) Malaysia". www.thecatholicdirectory.com. Diakses tanggal 2016-07-09.