Katedral San Luis Potosí

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral San Luis Potosí
Katedral Metropolitan Santo Louis Raja
bahasa Spanyol: Catedral Metropolitana de San Luis Rey
Katedral San Luis Potosí
LokasiSan Luis Potosí
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung San Luis Potosí

Katedral Metropolitan Santo Louis Raja[1] (bahasa Spanyol: Catedral Metropolitana de San Luis Rey) disebut juga Katedral San Luis Potosí[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di San Luis Potosí, Meksiko.[3] Terletak di pusat bersejarah ibu kota negara bagian, di sisi timur alun-alun utama. Bangunan yang kita kenal saat ini dibangun pada tahun 1670 dan selesai pada tahun 1730. Merupakan katedral dari tahun 1854. Didedikasikan untuk Santo Louis, Raja Prancis.

Katedral ini memiliki fasad Barok yang dirancang sebagai layar, mirip dengan Basilika Guadalupe di Kota Mexico, memiliki tiga badan.

Altar utama terdiri dari pohon cemara besar yang terbuat dari batu, dari dua badan. Yang pertama adalah St. Louis Raja Perancis, yang kedua menampung gambar Bunda Pengharapan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Metropolitan St. Louis Raja
  2. ^ Katedral San Luis Potosí: historia, bienes artísticos dan restauración : investigasi dokumenter dan ikonográfica. ISBN 9789707050501. 
  3. ^ El centro histórico de la ciudad de San Luis Potosí dan la obra del ingeniero Octaviano Cabrera Hernández. UASLP. ISBN 9789687674810.