Katedral San Ignacio de Velasco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral San Ignacio de Velasco
Gereja Katedral Santo Ignatius di San Ignacio de Velasco
Catedral de San Ignacio
Katedral San Ignacio de Velasco
LokasiSan Ignacio de Velasco
NegaraBolivia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturgereja
Administrasi
KeuskupanKeuskupan San Ignacio de Velasco

Tampak interior Katedral

Katedral San Ignacio de Velasco[1] (Spanyol: Catedral de San Ignacio), juga dikenal sebagai Katedral Santo Igantius, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berada di kota San Ignacio de Velasco, ibu kota provinsi Velasco di departemen Santa Cruz, yang berada di sebelah timur negara Bolivia di Amerika Selatan.[2] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan San Ignacio de Velasco.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral yang mengikuti ritus Romawi atau Latin ini mulai dibangun pada tahun 1748 atas dorongan para misionaris Yesuit dan selesai pada tahun 1761.[3] Katedral ini pernah dilanda kebakaran pada tahun 1948 namun dibangun kembali antara tahun 1998 dan 2001.[4]

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Fungsinya sebagai pusat kedudukan atau gereja utama Keuskupan San Ignacio de Velasco (Dioecesis Sancti Ignatii Velascani) yang dibentuk sebagai vikariat apostolik oleh Paus Pius XI pada tahun 1930 dan ditingkatkan statusnya menjadi sekarang pada tahun 1930. 1994 oleh bulla "Solet catholica" dari Paus Yohanes Paulus II.

Katedral ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Robert Herman Flock Bever.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Ignatius di San Ignacio de Velasco
  2. ^ Hartburn, Karen; Newton, Paula (2010-06- 16). V!VA Panduan Perjalanan Bolivia. Viva Publishing Network. ISBN 9780979126499. 
  3. ^ "Iglesia Misional Jesuíta de San Ignacio de Velasco | ATRACTIVOS TURÍSTICOS". www.santacruz.gob.bo. Diakses tanggal 2017-01- 31. 
  4. ^ "SAN IGNACIO DE VELASCO". Boliviaentusmanos.com.