Katedral San Andrés Tuxtla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral San Andrés Tuxtla
Katedral Santo Yosef dan Santo Andreas
Spanyol: Catedral de San José y San Andrés de San Andrés Tuxtla
Katedral San Andrés Tuxtla
LokasiSan Andrés Tuxtla
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan San Andrés Tuxtla

Katedral Santo Yosef dan Santo Andreas[1] (juga Katedral San Andrés Tuxtla; Spanyol: Catedral de San José y San Andrés de San Andrés Tuxtla) adalah sebuah gereja katedral Katolk yang berlokasi di kota San Andrés Tuxtla,[2] di Veracruz, Meksiko.[3] Bentuk gereja ini mendominasi pusat kota dengan dua menara sotaventino yang menjulang tinggi bergaya kolonial. Awal pembangunannya dimulai pada akhir abad kesembilan belas dan pertengahan abad kedua puluh.

Pembangunannya memakan waktu hampir 100 tahun, terutama karena kurangnya sumber daya dalam prosesnya, dengan seorang wanita bernama Concepción Sedas menjadi promotor kuat penyelesaiannya pada tahun 1950. Baik interior maupun eksterior dicat dengan warna-warna terang. Di dalamnya terdapat kapel Sakramen Kudus tempat jenazah uskup Guillermo Ranzahuer González [es] berada.

Empat uskup telah melaksanakan karya pastoral mereka di katedral ini. Katedral ini ditahbiskan oleh Don Jesús Villareal y Fierro pada tanggal 7 Januari 1950, dan diselesaikan dengan kontribusi umat beriman dan religius.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Joseph dan St. Andrew
  2. ^ Memoria sobre la carta 1:50 000 de la cuenca del Papaloapan. Estados Unidos Mexicanos, Secretaría de Recursos Hidráulicos, Comisión del Papaloapan. 1956-01-01. 
  3. ^ LA ESMERALDA DEL PAPALOAPAN. ISBN 9781463353827.