Katedral Saltillo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saltillo
Katedral Santo Yakobus
Spanyol: Catedral de Santiago
Katedral Saltillo
LokasiSaltillo
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Saltillo

Katedral Santo Yakobus[1] (Spanyol: Catedral de Santiago) disebut juga Katedral Saltillo[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Saltillo di Meksiko.[3] Letaknya di pusat bersejarah kota, di seberang Plaza de Armas, adalah salah satu permata arsitektur negara bagian Coahuila. Ini adalah katedral tertinggi di utara Meksiko, dan salah satu yang tertinggi di negara ini.

Dibesarkan ke sisi paroki asli, pada tahun 1745, oleh pastor Felipe Suárez de Estrada, di bawah proyek Nicolás Hernández, gereja baru dengan proporsi yang lebih besar baru selesai pada tahun 1800. Dengan didirikannya Keuskupan Saltillo pada tanggal 23 Juni 1891, dengan seekor banteng yang dibuat oleh Paus Leo XIII, kuil tersebut ditetapkan sebagai lokasinya, dan diberikan pangkat katedral. Menara ini dimulai pada tahun 1883. Kemudian disebut kapel langkah menjadi nama katedral pada tahun 1951.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. James
  2. ^ Bargellini, Clara. La Catedral de Saltillo y sus imágenes. ISBN 9789703218509. 
  3. ^ Santoscoy, María Elena; Sota, Esperanza Dávila. Catedral de Saltillo-- por los siglos de los siglos. Universidad Autónoma de Coahuila. ISBN 9789701860229.