Katedral Salta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Metropolitan Salta
Gereja Katedral Metropolitan Tempat Ziarah Tuhan Yesus dan Perawan Mukjizat di Salta
Spanyol: Catedral Basílica de Salta y Santuario
del Señor y La Virgen del Milagro
Katedral Metropolitan Salta
LokasiSalta
NegaraArgentina
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiTuhan Yesus
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaBarok
SelesaiAbad ke-19
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Salta

Katedral Salta (Spanyol: Catedral Basílica de Salta, Catedral de Salta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Salta, Argentina. Katedral ini berfungsi sebagai pusat kedudukan dan takhta bagi uskup metropolitan dari Uskup Agung Salta. Katedral ini didedikasikan untuk Yesus Kristus sebagai “Tuan Segala Mukjizat” dan Perawan Maria yang Terberkati sebagai “Bunda Rosario Ajaib”.

Paus Leo XIII memberikan dekrit penobatan Kepausan untuk kedua gambar yang diabadikan pada tanggal 23 Juli 1899 melalui Ordinaris Uskup Salta, Monsinyur Matías Linares y Sanzetenea. Uskup yang sama melaksanakan upacara penobatan publik pada 13 September 1902.

Katedral ini diresmikan untuk umum pada tanggal 20 Oktober 1918 dan akhirnya dinyatakan sebagai monumen nasional No. #95687 oleh Pemerintah Argentina pada tanggal 14 Juni 1941.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral baru dibangun pada tahun 1856, setelah gempa bumi menghancurkan bangunan lama. Layanan dimulai pada tahun 1858 di bawah perlindungan Uskup Agung José Eusebio Colombres. Felipe Bertrés adalah arsiteknya. Proyek ini selesai pada tahun 1882.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catedral Basílica de Salta" (dalam bahasa Spanyol). www.saltalalinda.gov.ar. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 November 2014. Diakses tanggal 3 Maret 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]