Katedral Saintes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saintes
Katedral Santo Petrus
Prancis: Cathédrale Saint-Pierre de Saintes
Katedral Saintes
LokasiSaintes
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan La Rochelle dan Saintes

Katedral Saintes (Cathédrale Saint-Pierre de Saintes) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Saintes, Perancis. Katedral adalah monumen nasional.

Dulunya merupakan tempat kedudukan Uskup Saintes, sebuah keuskupan yang dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801, ketika wilayahnya direalokasi, sebagian besar ke Keuskupan La Rochelle.

Katedral sebelumnya dibangun di sini pada abad ke-12. Sedikit yang tersisa dari bangunan ini selain dari lengan Romawi dan persilangan transept. Biara berasal dari abad ke-13. Jika tidak, gereja tersebut dibangun kembali seluruhnya mulai tahun 1450, dengan gaya Flamboyan, dan pekerjaan masih belum selesai pada tahun 1568, ketika selama Perang Agama Prancis, yang menyebabkan wilayah ini sangat menderita, bangunan tersebut dibakar oleh Protestan, menyebabkan kerusakan serius sehingga bagian tengahnya kemudian harus dibangun kembali seluruhnya.

Kurangnya sumber daya menyebabkan pembangunan kembali secara menyeluruh tidak mungkin dilakukan. Tampilan menara yang berat, misalnya, disebabkan oleh kurangnya puncak menara yang dimaksudkan untuk menyelesaikannya, dan kubah yang ada merupakan pengganti yang lebih ekonomis.

Interiornya dibuat mencolok karena kurangnya dekorasi dan langit-langit kayu, yang selesai dibangun pada tahun 1927.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]