Katedral Saint-Dié

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Saint-Dié
Katedral Santo Deodatus
Prancis: Cathédrale Saint-Dié de Saint-Dié
Katedral Saint-Dié
LokasiSaint-Dié
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Saint-Dié

Katedral Saint-Dié (Prancis: Cathédrale Saint-Dié de Saint-Dié-des-Vosges) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Saint-Dié-des-Vosges di Lorraine, Prancis. Katedral ini adalah monument historique.

Katedral, sebelumnya adalah gereja perguruan tinggi, didedikasikan untuk Santo Deodatus dari Nevers. Sejak tahun 1777 menjadi tempat kedudukan Keuskupan Saint-Dié.

Deskripsi bangunan[sunting | sunting sumber]

Katedral, seperti kebanyakan kota lainnya, sebagian besar dibangun dari batu pasir merah setempat. Ia memiliki bagian tengah Romawi (abad ke-12) dan paduan suara Gotik; portal batu merah berasal dari abad ke-18. Sebuah biara bagus (abad ke-13), berisi mimbar batu, berhubungan dengan Petite-Église atau Notre-Dame de Galilée, spesimen arsitektur Romawi yang terpelihara dengan baik (abad ke-12).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

kaca patri abad ke-13

Deodatus dari Nevers, Santo Dié yang eponim,[1] mendirikan sebuah biara di sini pada abad ke-7 dan menyerahkan biaranya fungsi uskup untuk pensiun ke tempat ini.

Pada abad ke-10 komunitas tersebut menjadi bagian dari Kanon. Di antara mereka yang kemudian memegang pangkat rektor atau dekan adalah Giovanni de Medici, setelah itu Paus Leo X, dan beberapa pangeran dari adipati Keluarga Lorraine. Di antara banyak hak istimewa yang dinikmati oleh mereka adalah hak untuk menghasilkan uang.

Meskipun mereka bekerja sama dalam membangun tembok kota, para kanon dan adipati Lorraine segera menjadi saingan untuk mendapatkan otoritas atas kota Saint-Dié, di mana menjelang akhir abad ke-15 salah satu mesin cetak paling awal di Lorraine didirikan. Pembentukan dewan kota pada tahun 1628, dan pendirian keuskupan pada tahun 1777 yang mengambil sebagian dari yurisdiksi spiritual mereka, berkontribusi besar dalam mengurangi pengaruh kanon; dan dengan Revolusi Perancis mereka tersapu habis. Gereja mereka tetap menjadi katedral.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beberapa sumber menghubungkan nama tersebut dengan santo sebelumnya, Deodatus dari Blois (w. 525)