Katedral Ribeirão Preto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ribeirão Preto
Katedral Metropolitan Santo Sebastianus
Katedral Ribeirão Preto
LokasiRibeirão Preto
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Ribeirão Preto

Katedral Santo Sebastianus[1] (Portugis: Catedral Metropolitana São Sebastião), juga disebut sebagai Katedral Ribeirão Preto, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Ribeirão Preto,[2] São Paulo, Brasil.[3]

Populasi kota ini berkembang pesat setelah didirikan pada tahun 1856 karena budidaya kopi membawa kekayaan bagi wilayah tersebut. Pembangunan gereja pertama, juga disebut “velha Matriz” (gereja induk), dimulai pada tahun 1866 dan selesai pada tahun 1870, di tempat yang sekarang disebut Lapangan XV de Novembro. Hampir dua dekade kemudian, menara gedung ini runtuh, dan pada tahun 1892 sebuah komisi yang terdiri dari warga kota terkemuka dibentuk untuk membangun pengganti yang lebih megah. Desain dan konstruksi berulang kali dihentikan dan dimulai kembali selama dekade berikutnya karena perbedaan visi untuk struktur serta kurangnya dana. batu penjuru bangunan saat ini akhirnya diletakkan pada tanggal 3 Maret 1904 dengan konstruksi berlanjut selama empat tahun berikutnya. Pada tahun 1909, Paus Pius X mendirikan Keuskupan Ribeirão Preto, dan St. Sebastian dinamai katedral.

Bangunan katedral dan kampus di sekitarnya dinyatakan dilindungi oleh Dewan Pertahanan Warisan Sejarah, Arkeologi, Seni dan Pariwisata (Condephaat) pada tahun 2014.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Metropolitan St. Sebastian
  2. ^ Firmiano, Frederico Daia. Formação culture dos jovens do MST: pengalaman melakukan assentamento Mário Lago, em Ribeirão Preto (SP). SciELO - Editora UNESP. ISBN 9788579830433. 
  3. ^ Líderes religiosos da humanidade. Edições Paulinas. 1986-01-01. ISBN 9788505006185.