Lompat ke isi

Katedral Punto Fijo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Punto Fijo
Katedral Bunda Maria dari Coromoto
bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de Coromoto de Punto Fijo
Katedral Punto Fijo
LokasiPunto Fijo
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Punto Fijo

Katedral Bunda Maria dari Coromoto[1] (bahasa Spanyol: Catedral Nuestra Señora de Coromoto de Punto Fijo) atau Gereja Katedral Punto Fijo,[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di jalan Comercio di tengah Punto Fijo di Negara bagian Falcon, di utara negara Venezuela di Amerika Selatan.

Katedral ini merupakan pusat kedudukan Keuskupan Punto Fijo[3] (Dioecesis Punctifixensis) yang berbasis dan didirikan pada tahun 1951, diangkat menjadi Katedral pada tahun 1997.

Imam pertama yang ditugaskan di kota Punto Fijo adalah Pastor Andrés M. Santiago S.J. pada tahun 1947 inilah yang memotivasi umat beriman untuk membangun katedral. Dengan dana berbeda yang diperoleh melalui aktivitas berbeda dan kolaborasi yang diminta kepada pekerja di kilang Creole dan Shell, tanah tersebut dapat dibeli. 1949 memulai pembangunan pangkalan.

Pada tanggal 8 September 1951, secara resmi berdiri sebagai Paroki Bunda Maria dari Coromoto dan Pastor Andrew diangkat menjadi pastor paroki Monsignor Francisco José Iturriza.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Catedral Nuestra Señora de Coromoto di Punto Fijo
  2. ^ "Este 7 de junio Fijo recuerda la partida de Monseñor Juan María Leonardi". lamanana.com.ve. Diakses tanggal 2016-06-21. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ "Diócesis de Punto Fijo prepara programación para Semana Mayor". Diario Nuevo Día Digital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21-09-2016. Diakses tanggal 2016-06-21.