Katedral Potenza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Potenza
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Gerardus
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Maria Assunta e S. Gerardo Vescovo
Katedral Potenza
LokasiPotenza
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Potenza-Muro Lucano-Marsico Nuovo

Katedral Potenza yang bernama resmi Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Gerardus adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak kota Potenza, ibu kota provinsi dengan nama yang sama, dan wilayah Basilicata, Italia. Sejak tahun 1986 Potenza menjadi bagian dari Keuskupan Agung Potenza-Muro Lucano-Marsico Nuovo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah gereja di situs tersebut, yang didedikasikan untuk Perawan Maria Diangkat ke Surga, kemungkinan besar berasal dari abad ke-5 atau ke-6, ketika gereja tersebut konon didirikan oleh Santo Orontius dari Lecce. Sebuah gereja baru yang didedikasikan untuk St Gerardo della Porta, yang menjadi pelindung kota dan reliknya disimpan di sini, dibangun antara abad ke-12 dan ke-13, di bawah perlindungan uskup Bartolomeo (1197- 1206). Menara lonceng batu lima lantai dari gereja ini, yang dirancang oleh Sàrolo di Muro Lucano, masih ada.

Gereja yang ada saat ini terutama disebabkan oleh rekonstruksi pada tahun 1783 hingga 1799 dengan gaya neoklasik dengan desain oleh Antonio Magri, murid dari Luigi Vanvitelli. Karena gereja memerlukan perbaikan setelah berbagai gempa bumi dan pemboman pada tahun 1943.

Fresko langit-langit bagian tengah

Langit-langit dan apse memiliki rangkaian lukisan dinding rumit yang dilukis pada abad ke-20. Langit-langitnya dicat (1933-1934) dari fasad hingga pastoran dengan pemandangan dari perjanjian lama hingga perjanjian baru oleh pelukis Mario Prayer. Pintu perunggu (1968) dibuat oleh Giuseppe Niglia. Di bawah altar utama terdapat ruang bawah tanah dengan bukti arkeologis dari struktur sebelumnya di trotoar mosaik. Kubahnya mempunyai lukisan dinding yang menggambarkan prosesi St Gerard. Di apse terdapat lukisan Kristus Penebus dengan latar belakang cerah. Kapel St Gerard memiliki patung peninggalan abad ke-15.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Potenza, entri di gereja.