Katedral Popayán

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Popayán
Katedral Basilika Bunda Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora de la Asunción
Katedral Popayán
LokasiPopayán
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Popayán

Basilika Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga[1] (Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora de la Asunción) juga disebut Katedral Popayán adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Popayán, Kolombia.[2] Katedral ini didedikasikan kepada Perawan Maria dengan gelar Bunda Maria Diangkat ke Surga Popayán. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Popayán.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini terletak di sisi barat Taman Caldas di pusat bersejarah kota Popayán[3] (Cauca) di negara Amerika Selatan Kolombia.[4] Ini adalah Katedral Metropolitan dan Basilika minor.

Pada tahun 1546, didirikan Keuskupan Popayan oleh Paus Paulus III dalam Bulla "Super berspekulasi Militantis Ecclesiae" tanggal 1 September tahun itu. Ia diangkat sebagai Uskup pertama Juan del Valle, yang berasal dari Segovia (Spanyol).

Katedral itu, seperti semua bangunan di Popayan, dilucuti kekayaan artistiknya yang luar biasa oleh Antonio Nariño. Pada tanggal 12 Desember 1909 sebuah organ ditayangkan perdana dikirim dari Paris, dan sampai saat itu, salah satu organ terbaik dibawa ke Amerika Selatan. Pada tahun 1953, katedral ini dipugar, dan pada tanggal 25 April tahun itu, Paus Pius XII menganugerahkan katedral tersebut gelar liturgi Basilika Menor. Selain itu, kawasan bersejarah Popayan (termasuk katedral), dinyatakan sebagai Monumen Nasional Kolombia berdasarkan Undang-undang 163 tanggal 30 Desember 1959.

Pada malam hari

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga di Popayán
  2. ^ Casas, Edgar Penagos (1989-01-01). Popayán: recuerdos dan costumbres : 452 tahun pendanaan Anda. Caja Agraria. 
  3. ^ Cauca, Archivo Central del; Llorente, José María Arboleda. Katalog umum detallado del Archivo Central del Cauca: Archivo Historico de Popayan (epoca de la Independencia). 
  4. ^ Téllez, Jerman; Arboleda, Diego Castrillón. Popayan, Kolombia: guía ciudad histórica. ISBN 9789589054444.