Katedral Požega

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Požega
Katedral Santa Teresa dari Ávila, Požega
Katedral Požega
Katedral Požega di Kroasia
Katedral Požega
Katedral Požega
Lokasi di Kroasia
Koordinat: 45°19′58.9″N 17°40′43″E / 45.333028°N 17.67861°E / 45.333028; 17.67861
LokasiPožega
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Požega

Katedral Požega atau yang bernama resmi Katedral Santa Teresa dari Ávila adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Požega, Kroasia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Požega. Terletak di dekat pusat kota Požega dan di kaki bukit tempat benteng abad pertengahan pernah berdiri, katedral ini adalah contoh indah arsitektur Barok.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Bangunan katedral ini didanai oleh Franjo Thauszy, uskup Zagreb, dengan 80.000 forint yang awalnya dimaksudkan untuk perbaikan benteng Požega, milik uskup Thauszy pada saat itu. Proyek ini didukung oleh permaisuri Maria Theresa pada tanggal 11 Juli 1754 dan pembangunan dimulai pada tanggal 28 Juni 1756. Pembangunannya memakan waktu tujuh tahun dan uskup Thauszy menahbiskan gereja baru pada tanggal 24 Juli 1763.

Tidak ada catatan siapa sebenarnya pengrajin yang membangun katedral tersebut. Hanya diketahui bahwa cetak biru tersebut dibuat oleh Permaisuri Maria Teresa sendiri.

Menara aslinya roboh akibat badai pada tahun 1926 dan harus diganti dengan menara baru setinggi 63 meter.

Dekorasi[sunting | sunting sumber]

Interior katedral Požega didekorasi dengan gaya barok dan rococo yang lucu. Interiornya didominasi oleh altar utama Santa Teresa dari Ávila, hadiah dari uskup Franjo Thauszy, dipersembahkan pada kesempatan pentahbisan gereja. Di antara altar lain di katedral, altar St. Yohanes dari Nepomuk dan altar St. Mikael sang Malaikat Agung sangat patut diperhatikan. Yang pertama adalah hadiah dari raja muda Kroasia Franjo Nádasdy, dan yang terakhir dari pastor paroki Kutjevo kelahiran Požega, Josip Maurović.

Selain itu, ada mimbar yang indah - juga hadiah dari uskup Thauszy, dan bangku kayu ek berukir rococo. Organ katedral dibangun oleh pabrik Josip Brandl di Maribor dan dipasang pada tempatnya pada tahun 1900.

Pada akhir abad ke-19, enam jendela kaca patri segi delapan telah dipasang.

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Interior katedral Požega juga dihiasi dengan lukisan dinding yang dilukis oleh pelukis terkenal Kroasia Celestin Medović dan Oton Iveković pada tahun 1898 dan 1899. Lukisan Tritunggal Mahakudus di atas altar utama telah dilukis oleh dua orang mereka bersama-sama, sedangkan di langit-langit apse terdapat lukisan St. Teresa karya Medović.

Karya Medović lainnya di katedral adalah: Penginjil Matius dan Markus - di langit-langit bagian tengah utama, Yesus di Gunung Zaitun - di langit-langit bagian tengah selatan, dan St. Sirilus - di bagian tengah utama.

Iveković telah melukis Penginjil Lukas dan Yohanes - di langit-langit bagian tengah utama, St. Methodius - di bagian tengah utama, Kabar Sukacita - di bagian tengah selatan, dan St. Cecilia - di langit-langit di atas quire.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]