Katedral Piacenza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Piacenza
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga dam Santa Yustina
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Giustina e S. Maria Assunta
Katedral Piacenza
LokasiPiacenza
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Piacenza-Bobbio

Katedral Piacenza (bahasa Italia: Duomo di Piacenza), yang sepenuhnya bernama resmi Katedral Santa Maria Assunta e Santa Giustina, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Piacenza, Italia. Struktur saat ini dibangun antara tahun 1122 dan 1233 dan merupakan salah satu contoh paling berharga dari Katedral Romawi di Italia utara. Dedikasinya adalah kepada Maria Diangkat ke Surga dan kepada Santa Yustina. Ini adalah pusat dari Keuskupan Piacenza-Bobbio.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral ini memiliki panjang luar total 85m, dan tinggi fasad 32m, dimensi yang menjadikannya gereja Romawi terbesar di Emilia-Romagna. Fasadnya, dari marmer merah muda Veronese dan batu berlapis emas, dipisahkan secara horizontal oleh galeri yang mendominasi tiga portal, dihiasi dengan ibu kota dan patung Romawi. Bagian dalamnya memiliki bagian tengah dan dua lorong, dipisahkan oleh dua puluh lima pilar besar. Lukisan dindingnya yang terkenal dibuat pada abad 14-16 oleh Camillo Procaccini dan Ludovico Carracci, sedangkan lukisan dinding di dalam kubah dibuat oleh Pier Francesco Mazzucchelli, "il Morazzone", dan Giovanni Francesco Barbieri, paling dikenal sebagai "Guercino". presbiteri memiliki patung kayu dari tahun 1479, paduan suara kayu karya Giangiacomo da Genova (1471) dan patung sekolah Lombard dari abad ke-15.

Ruang bawah tanah, pada denah salib Yunani, memiliki 108 kolom kecil bergaya Romawi dan merupakan rumah bagi relik Santa Giustina, Santo Justina dari Padua, yang merupakan salah satu pelindung Piacenza dari abad kesembilan; kepadanya didedikasikan katedral pertama, Domus Justinae, yang runtuh pada tahun 1117 setelah gempa bumi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Edward Lamson Henry (Amerika, 1841 - 1919). Katedral Piacenza, 1868. Minyak pada panel. Museum Brooklyn

Hanya sedikit peninggalan yang dapat ditelusuri dari basilika paleokristen sebelumnya, ketika Piacenza dihancurkan oleh Totila pada tahun 546, selama Perang Gotik.

Sebuah dokumen tahun 1123 menggambarkan Uskup Sigifredo dari Piacenza (997–1031) sebagai "pendirinya".[1]

Sepanjang sejarahnya, katedral ini menjadi tuan rumah bagi beberapa komposer kecil sebagai maestro di cappella termasuk Francesco Maria Bazzani, dan Giuseppe Nicolini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Scirea 2019, hlm. 454.