Katedral Pasto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Pasto
Katedral Santo Ezequiel Moreno Díaz di San Juan de Pasto
Spanyol: Catedral de San Ezequiel Moreno Díaz
Katedral Pasto
LokasiPasto
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Pasto

Katedral Santo Ezequiel Moreno Díaz[1] (Spanyol: Catedral de San Ezequiel Moreno Díaz) atau sekadar Katedral Pasto[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Pasto, Kolombia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dari Keuskupan Pasto.[3] Dikonsekrasikan kepada para Santo Ezequiél Moreno y Díaz dan Fransiskus dari Assisi.

Pada masa-masa awal pemukiman, Fransiskan mendirikan sebuah kapel yang didedikasikan untuk Santo Fransiskus dari Assisi. Struktur ini dihancurkan ketika kota yang dulunya bersifat royalis itu dijarah oleh pasukan republik pada tanggal 24 Desember 1822, selama perang kemerdekaan. Para Fransiskan melarikan diri dari Pasto dan tidak pernah kembali, dan kapel tersebut rusak parah dan akhirnya dibongkar. Di lahan yang sama, pembangunan gereja baru dimulai pada 25 Oktober 1899. Pada bulan Januari 1920, gereja tersebut diresmikan oleh Monsinyur Antonio Maria Pueyo de Val.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catedral de San Ezequiel Moreno Díaz
  2. ^ Bibliographia Missionalia Augustiniana. ISBN 9788486898182. 
  3. ^ Casas, José Joaquín. Kodifikasi nasional semua leyes de Kolombia sejak tahun 1821, ia menyesuaikan diri dengan ley 13 de 1912, oleh Sala de negocios generales del Consejo de estado. Imprenta nacional.