Katedral Palmi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Palmi
Katedral Santo Nikolas
bahasa Italia: Concattedrale di S. Nicola
Katedral Palmi
LokasiPalmi
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Oppido Mamertina-Palmi

Katedral Palmi atau Gereja Santo Nikolas (bahasa Italia: Concattedrale di Palmi, Chiesa di San Nicola) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Palmi di Italia, dan merupakan kon-katedral dari Keuskupan Oppido Mamertina-Palmi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak ada laporan akurat mengenai usia berdirinya paroki ini. Antara tahun 1310 dan 1311, terdapat sebuah gereja St. Nicholas di Palmi yang merupakan satu-satunya gereja di desa tersebut. Gereja St. Nicholas kembali diingatkan dalam beberapa tindakan tahun 1532. Gereja, pada tahun 1586, berdiri jauh dari tembok kota dan di dalamnya terdapat "Ordo St. Nicholas". Pada tahun 1664 didirikanlah "Persaudaraan di Api Penyucian".

Pada abad ke-18, para pendeta dan penguasa Palmi berjuang keras karena gereja tersebut diangkat menjadi gereja perguruan tinggi. Pada tanggal 25 Agustus 1741, Uskup Miletus Marcello Filomarini, mendirikan "Palmi perguruan tinggi termasyhur", yang diperoleh dari banteng kepausan Paus Benediktus XIII.

Gereja, yang dibangun kembali pada periode 1740–1743, dihancurkan oleh gempa bumi Calabria tahun 1783. Pada bulan Maret 1786 gereja ini dibangun kembali.

Gereja kembali rusak akibat gempa bumi pada tahun 1894. Kemudian gereja tersebut dibangun kembali, namun terjadilah gempa Messina 1908 yang menyebabkan kerusakan serius lebih lanjut pada struktur sehingga tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, pada tahun 1909, dilanjutkan dengan pembongkaran gedung.

Gereja perguruan tinggi St. Nicholas yang baru dan terkini, dibuka untuk ibadah pada tahun 1932 dan didedikasikan untuk "Madonna of the Letter", pelindung utama kota.

Di fasad utama, di sebelah gereja selesai dibangun pada tahun 1956 Menara Civic dengan jam.

Pada tanggal 10 Juni 1979, berdasarkan Dekrit "Quo aptius" dari Kongregasi Uskup, yang mengubah batas keuskupan Calabria dan mengganti nama Keuskupan Oppido Mamertina menjadi Keuskupan Oppido Mamertina-Palmi , gereja perguruan tinggi St. Nicholas mengambil gelar co-katedral keuskupan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini bergaya Arsitektur Kebangkitan Romawi. Di fasad utama ditempatkan kanopi artistik dan teras serta "serambi" kecil dengan empat kolom. Di sebelah kiri terdapat menara kota yang berfungsi juga sebagai menara lonceng gereja.

Di bagian dalamnya, dengan denah salib Latin, terdapat bagian tengah dan dua lorong yang di atasnya terdapat dua apses, masing-masing, ke Santo Nikolaus, santo pelindung Palmi, dan Hati Kudus Yesus.

Di atas sampulnya terdapat kubah segi delapan, tanpa jendela, dan di sisi gereja terdapat kapel untuk meresmikan fungsi-fungsi kecil.

Di dinding lorong Anda dapat melihat lukisan "St. Joseph dengan Anak Yesus" (1892), lukisan "St. Fransiskus dari Assisi dalam pemujaan terhadap Salib" (1932), patung kayu "St. Yusuf dengan Kanak-kanak Yesus" (abad ke-18), patung kayu "Maria Diangkat ke Surga" (abad ke-18).

Di altar utama, terbuat dari marmer, terpampang ikon kuno berharga "Our Lady of the Letter" (1774).

Di sebuah kapel, yang dibangun baru-baru ini, terdapat sebuah kuil yang di dalamnya ditempatkan relik Rambut Suci.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 38°21′35″N 15°50′56″E / 38.35972°N 15.84889°E / 38.35972; 15.84889