Katedral Ostuni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ostuni
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Ostuni
LokasiOstuni
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Denominasi sebelumnyaOrtodoks
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Brindisi-Ostuni

Katedral Ostuni (bahasa Italia: Duomo di Ostuni; Basilica concattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Ostuni, provinsi Brindisi, wilayah Apulia, Italia. Dedikasinya adalah pada Maria Diangkat ke Surga. Dulunya merupakan kursi episkopal Keuskupan Ostuni, sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral Keuskupan Agung Brindisi-Ostuni.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini awalnya adalah sebuah gereja yang mempraktikkan ritual Ortodoks sebelum tahun 1000. Pada tahun 1228-1229, gereja Romawi yang sekarang didirikan oleh Frederick II dari Swabia.[1] Sebagian besar dibuat untuk pietra non-Yahudi.[2] gempa bumi tahun 1456, yang sangat terasa di Brindisi, merusaknya. Selama tahun 1469-1495, bangunan ini dibangun kembali dengan gaya Gotik.

Fasadnya memperoleh jendela mawar yang elegan pada abad ke-15. Gereja pernah memiliki empat jendela seperti itu. Salah satu portal didedikasikan untuk Saint Blaise (San Biagio), salah satu pelindung kota, dan memiliki ukiran santo di portal tersebut. Pemugaran pada tahun 1970-an mencoba menghilangkan dekorasi plesteran yang menutupi arsitektur asli Romawi dan Gotik.

Interiornya memiliki sejumlah karya seni yang menutupi langit-langit dan altar. Kapel Hati Kudus, dulunya adalah St Cajetan (Gaetano) mempunyai kanvas santo yang dikaitkan dengan Domenico Antonio Vaccaro. Cappellone dell'Immacolata didekorasi pada abad ke-18. Sakristi memiliki ikon besar yang dihormati yang menggambarkan Saint Oronzo. Satu Kapel didedikasikan untuk santo pelindung Ostuni: Santo Blaise, Santo Agustinus, Santo Orontius, dan Santo Irene. Gereja ini dulunya memiliki kanvas, yang sekarang dicuri, bergambar Santa Lucia karya Palma il Giovane. Apse mempunyai altar Assunta, dan kapel Santa Maria della Sanità mempunyai lukisan dinding yang menggambarkan Santo Katarina dari Aleksandria. Di relung fasad konter terdapat patung Kristus abad ke-15.[1]

Arsip katedral menyimpan hampir 200 perkamen yang berasal dari abad ke-12.

Katedral ini dinyatakan sebagai Monumen Nasional pada tahun 1902. Pada tahun 1986, katedral ini menjadi katedral bersama Keuskupan Agung Brindisi-Ostuni.[1] Dulunya dipulihkan antara tahun 2006 dan 2007.[2] Pada tahun 2011, Katedral Ostuni diberikan status basilika kecil.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Ostuni TV, entri di katedral.
  2. ^ a b Germinario, Luigi, Gioacchino Francesco Andriani, dan Rocco Laviano. "Petrografi, mineralogi, sifat kimia dan teknis dari batu bangunan Katedral Ostuni (Italia): kesimpulan tentang diagnostik dan konservasi." Periodico di Mineralogia 83.3 (2014).