Katedral Osimo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Osimo
Katedral-Basilika Santo Leopardus
bahasa Italia: Basilica Concattedrale di S. Leopardo
Katedral Osimo
LokasiOsimo
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Ancona-Osimo

Katedral Osimo atau Gereja San Leopardo (bahasa Italia: Concattedrale di Osimo, Chiesa di San Leopardo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Osimo, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk uskup pertamanya, Santo Leopardus. Dulunya merupakan kursi uskup Keuskupan Osimo, sejak tahun 1986 telah menjadi kon-katedral dari Keuskupan Agung Ancona-Osimo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut tradisi setempat, katedral ini dibangun oleh Uskup pertama Osimo, Saint Leopardus (San Leopardo), pada abad ke-5, di atas struktur pagan sebelumnya pada periode Romawi. Tradisi lain yang belum terverifikasi menyatakan bahwa bangunan tersebut dibangun kembali pada abad ke-7 oleh uskup saat itu, Santo Vitalian: tidak ada sisa-sisa struktur pada periode itu, tetapi ada sebuah tablet batu yang didedikasikan untuk Saint Vitalian membangun dinding ruang bawah tanah.

Adalah Uskup Gentile (akhir abad ke-12 hingga awal abad ke-13) yang membangun presbiteri saat ini dan ruang bawah tanah di bawahnya. Pada akhir abad ke-13 Uskup Giovanni memodifikasi struktur gereja Romawi dengan memperkenalkan unsur-unsur Gotik. Pada tahun 1393 sebagian bangunan hancur akibat kebakaran. Banyak pembangunan kembali dan perluasan terjadi pada abad-abad berikutnya, yang paling penting adalah: kubah internal (akhir abad ke-15); tangga menuju tribun (paruh kedua abad ke-16); trotoar baru dan altar samping (abad ke-17), serta plesteran seluruh dinding bagian dalam.

Pada paruh kedua abad ke-19 dimulailah apa yang disebut sebagai "pemulihan gereja", yang pada kenyataannya mengutak-atik, jika tidak sekadar menghancurkan, pekerjaan pada abad-abad sebelumnya. Oleh karena itu, jalur internal yang memberikan akses ke tribun telah dihilangkan, begitu pula dua jalur samping menuju ruang bawah tanah (yang kemudian diganti); dua kapel samping baru dibangun, tetapi altar samping dipindahkan, begitu pula medali bergambar potret uskup keuskupan yang menghiasi dinding bagian dalam. Pada tahun 1956 semua plesteran dilucuti.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]