Katedral Odesa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Odesa
Katedral Santa Perawan Maria, Odesa
Ukraina: Катедральний собор Успіння Пресвятої Діви Марії
Katedral Odesa
LokasiOdesa
NegaraUkraina
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Odessa-Simferopol

Katedral Odesa atau yang bernama resmi Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga [1] (Ukraina: Катедральний собор Успіння Пресвятої Діви Марії) disebut juga Katedral Santa Perawan Maria adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Odesa di bagian barat daya negara Eropa Ukraina.[2] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Odessa-Simferopol.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan dibangun antara tahun 1844 dan 1853 berkat upaya umat Katolik dari Polandia dan Jerman dan inisiatif Pastor Grzegorz Razutowicz, dirancang oleh arsitek Polandia Feliks Gąsiorowski dengan bantuan arsitek Italia Francesco Morandi.

Gereja ini dibangun sebagai basilika tiga lorong dengan kubah yang dipilih secara pelayaran dengan denah salib. Di dalamnya digunakan marmer putih dan abu-abu. Pada lukisan altar utama terdapat gambar Maria Diangkat ke Surga pada tahun 1850 yang merupakan salinan Raphael. Interiornya dihiasi dengan banyak lukisan berharga dan lampu kristal besar. Paus Pius IX menyumbangkan ke gereja pada tahun 1852 kolam pembaptisan marmer. Di sebelah gereja dibangun panti asuhan, panti jompo, sekolah Katolik dan panti asuhan untuk anak-anak.

Paus Fransiskus memberikan dekrit Kepausan tentang penobatan ke tempat-tempat suci yang menghormati gambar Maria pada tanggal 3 Agustus 2022. Upacara penobatan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus di tahun yang sama, Hari Raya Maria Diangkat ke Surga.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Diangkat ke Surga Perawan Maria Diangkat ke Surga
  2. ^ "Катедра - сердце Одеско-Симферопольской епархии". Кафедральный Собор. 
  3. ^ "W Odesie koronowano obraz Matki Bożej". CREDO.pro. 
Interior

Koordinat: 46°28′49″N 30°44′21″E / 46.4804°N 30.7392°E / 46.4804; 30.7392