Katedral Noto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Noto
Katedral Santo Nikolas
bahasa Italia: Cattedrale di San Nicolò
Katedral Noto
LokasiNoto, Sisilia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Selesai1776
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Noto

Katedral Noto (bahasa Italia: Cattedrale di Noto; La Chiesa Madre di San Nicolò) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Noto di Sisilia, Italia. Pembangunannya, dengan gaya Baroque Sisilia, dimulai pada awal abad ke-18 dan selesai pada tahun 1776. Gereja ini didedikasikan untuk Santo Nikolaus dari Myra, dan telah menjadi katedral Keuskupan Noto sejak berdirinya keuskupan pada tahun 1844.

Kubah katedral runtuh pada tahun 1996 sebagai akibat dari melemahnya struktur yang tidak dapat diperbaiki akibat gempa bumi pada tahun 1990, yang mungkin disebabkan oleh perubahan bangunan yang tidak bijaksana pada tahun 1950-an. Sejak itu telah dibangun kembali, dan dibuka kembali pada tahun 2007.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Gereja St Nicholas dimulai pada awal abad ke-18, sebagai bagian dari rekonstruksi umum di Sisilia setelah gempa bumi tahun 1693 yang menghancurkan.

Interval yang lama antara permulaan bangunan, hingga desain oleh Rosario Gagliardi, dan penyelesaiannya pada tahun 1776 di bawah pengawasan Bernardo Labisi,[1] mungkin menjelaskan untuk berbagai kekhasan dan inkonsistensi desain, dan pengenalan elemen Neo-Klasik. Selain itu, pintu utamanya adalah kebangkitan arsitektur abad ke-15, berdasarkan gaya Vignola atau Domenico Fontana. Jendela tengah yang besar di bagian depan barat, dengan "telinga" dan lengkungnya tympanum meminjam dari repertoar Andrea Pozzo dan menyerupai karya di tempat lain di Noto oleh Francesco Paolo Labisi (misalnya, Chiesa del Carmine).

Fasadnya, yang komposisinya sebanding dengan Gereja Notre-Dame, Versailles, dan Gereja Saint-Roch pra-revolusioner di Paris, dimulai pada akhir tahun 1767 (campanile di dekatnya bertanggal 1768) dengan desain sekitar tahun 1740 oleh Gagliardi.

Pada abad ke-19 kubah tersebut harus direkonstruksi dua kali, berakhir dengan konstruksi Neo-Klasik, setelah runtuh akibat gempa bumi. Pada tahun 1950-an banyak pemugaran dilakukan, tidak sepenuhnya berhasil, misalnya elemen vertikal trompe-l'œil dan dekorasi tempera pada kubah oleh pelukis Arduino dan Baldinelli, serta perubahan besar pada altar tinggi dan organ. Namun yang paling serius adalah penggantian atap asli bagian tengah dengan loteng berat bata Romawi dan beton yang mungkin merupakan salah satu penyebab runtuhnya tahun 1996.

Runtuh[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Maret 1996, sebagian besar katedral runtuh: empat pilar di sisi selatan nave, satu dari empat pilar yang menopang kubah, seluruh atap dan kubah bagian tengah, tiga perempat drum dan kubah dengan lentera, atap lengan selatan transept, dengan banyak kubah dan sebagian besar atap kanan lorong.

Rekonstruksi merupakan proses yang rumit. Analisa puing-puing dan struktur yang tersisa memperjelas betapa rumitnya sejarah bangunan tersebut, karena adanya perbaikan yang berulang-ulang, banyaknya variasi material, yang diperlukan karena kerusakan akibat gempa sebelumnya, dan juga karena tidak semua perbaikan telah dilaksanakan dengan baik. Tugas ini menjadi semakin berat karena pentingnya dan tingginya visibilitas katedral di kota Noto, yang disebut sebagai ibu kota arsitektur Barok Sisilia.

Pembukaan kembali dan setelahnya[sunting | sunting sumber]

Cupola yang baru dicat

Pembukaan kembali Katedral Noto dirayakan oleh Uskup Giuseppe Malandrino dari Noto pada tanggal 15 Juni 2007, 11 tahun setelah keruntuhan.

Sejak itu, pengerjaan dekorasi interior dan perabotan katedral terus berlanjut. altar tinggi, mimbar, salib dan organ yang baru semuanya ditahbiskan oleh Uskup Antonio Staglianò pada tanggal 13 Januari 2011, di sebuah upacara yang dihadiri oleh kepala Departemen Perlindungan Sipil, Francesco Gabrielli, dan otoritas tertinggi regional dan lokal, termasuk Menteri Lingkungan Hidup, Stefania Prestigiacomo, dan Komisaris Darurat untuk Rekonstruksi, Prefek Siracusa, Carmela Floreno Vacirca.

Altar, mimbar, dan salib baru dibuat dari perunggu perak dan jasper Sisilia oleh pematung Italia, Giuseppe Ducrot. Sebagai bagian utama dari upacara tersebut, lukisan dinding di kubah dan liontin karya pelukis Rusia, Oleg Supereko, juga diungkap, serta delapan jendela baru di kubah karya Francesco Mori.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Eksterior, memperlihatkan kubah tengah

Bagian luarnya berwarna kuning pucat batu kapur, dengan gaya Barok Sisilia. Di depan katedral terdapat empat patung orang suci di atas pilar. Di menara kiri dipasang lonceng gereja, dan di menara kanan sebuah jam. Di menara pusat terdapat jendela besar. Ada juga tiga pintu. Di atas penyeberangan ada kubah tengah yang besar.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior

Interiornya sekarang hanya dicat putih, karena dekorasi interior abad ke-18 hancur akibat keruntuhan. Ciri-ciri dan perabotan utama adalah yang disucikan pada tanggal 13 Januari 2011, seperti di atas.

Rumah-rumah katedral, dalam warna perak, berisi guci peninggalan Santo Corrado Confalonieri,[2] santo pelindung kota Noto.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ putra Francesco Paolo Labisi
  2. ^ atau dikenal sebagai Conrad dari Piacenza

Pranala luar[sunting | sunting sumber]