Katedral Newcastle di Tyne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Newcastle di Tyne
Katedral Santa Maria di Newcastle
Inggris: Cathedral Church of St Mary, Newcastle upon Tyne
Katedral Newcastle
Koordinat: 54°58′08″N 1°37′12″W / 54.969°N 1.620°W / 54.969; -1.620
LokasiNewcastle upon Tyne, Tyne and Wear
NegaraInggris
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.stmaryscathedral.org.uk
Sejarah
Tanggal konsekrasi1844
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekAugustus Welby Northmore Pugin
Tipe arsitekturGereja
GayaNeo-Gothic
Dibangun1842-1844
Selesai21 Agustus 1844
Spesifikasi
Jumlah puncak menara1
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Hexham dan Newcastle (since 1850)
Klerus
UskupSede vacante
DekanCanon Simon Lerche
AsistenRomo William Nicol

Gereja Katedral Santa Maria (Inggris: Cathedral Church of St Mary, Newcastle upon Tyne) atau disebut secara singkat sebagai Katedral Newcastle adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Newcastle upon Tyne, Tyne and Wear, Inggris. Katedral ini adalah gereja induk dari Keuskupan Hexham dan Newcastle dan kedudukan Uskup Hexham dan Newcastle. Katedral, yang terletak di Jalan Clayton, dirancang oleh Augustus Welby Pugin dan dibangun antara tahun 1842 dan 1844. Katedral ini adalah bangunan terdaftar kelas I dan merupakan contoh bagus dari gaya arsitektur Kebangkitan Gotik yang diperjuangkan oleh Pugin.

Terdapat sebuah monumen yang didedikasikan untuk Kardinal Basil Hume di Taman Monumen di luar katedral, yang dibuka oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2002. Katedral Newscastle adalah bangunan tertinggi keenam di kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Santa Maria di Newcastle dibuka pada bulan Agustus 1844, sebagian besar dibayar melalui langganan setengah sen dari komunitas imigran miskin di Tyneside. Imam pada misi di Newcastle upon Tyne adalah William Riddell.[1] Kaca patri di Jendela Besar Timur, Kapel Lady dan Kapel Sakramen Mahakudus, dikerjakan oleh William Wailes pada tahun 1843 dengan desain yang disediakan oleh Pugin.

Dengan dekrit Paus Pius IX pada tanggal 29 September 1850, hierarki Katolik dipulihkan secara teratur di Inggris dan Wales. Sebagian besar dari apa yang dikenal sebagai Vikariat Apostolik Distrik Utara menjadi Tahta Hexham yang baru. Uskup William Hogarth diangkat menjadi uskup pertama di keuskupan baru tersebut, dan oleh karena itu, diperlukan sebuah gereja untuk menempatkan kursinya atau cathedra. Gereja Santa Maria dipilih untuk tujuan ini dan karenanya memperoleh status gereja katedral pada tahun 1850,[2] menjadi katedral pertama di Newcastle, sebagai Gereja Anglikan Katedral Santo Nicholas baru menjadi katedral pada tahun 1882.

Pada tanggal 21 Agustus 1860, katedral ini didedikasikan untuk Bunda Maria Diangkat ke Surga. Nama takhta tersebut diubah pada tahun 1861 menjadi Keuskupan Hexham dan Newcastle. Sejak itu, sebelas uskup selanjutnya telah dilantik di Katedral Newcastle sebagai Uskup Hexham dan Newcastle.

Dengan warisan dari tanah milik Elizabeth Dunn, pada tahun 1872 sebuah menara dan menara gereja yang dirancang oleh Dunn & Hansom ditambahkan.[3]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Takhta Uskup Hexham dan Newcastle kosong setelah kematian Yang Mulia Mgr. Kevin John Dunn pada bulan Maret 2008. Ia menjabat di pos tersebut selama hampir empat tahun, setelah ditahbiskan menjadi Uskup dan dilantik pada hari raya St Bede Yang Mulia, 25 Mei 2004. Seamus Cunningham menerima konsekrasi episkopal pada tanggal 20 Maret 2009 (hari raya St. Cuthbert, pelindung keuskupan), di Katedral Newcastel. Dia adalah uskup ketiga belas dari Keuskupan Hexham dan Newcastle.

Pada tanggal 21 April 2006 Dekan yang sedang menjabat, Pastor Michael Campion, secara resmi meninggalkan pengangkatannya di katedral. Ia digantikan oleh Pastor Peter Leighton, mantan Pastor Katolik di Universitas Durham. Di bawah bimbingan yang cermat dari Pastor Peter Leighton, katedral ini telah menjalani periode renovasi menyeluruh untuk mengembalikan sebagian besar keindahan desain aslinya. Pekerjaan tahap pertama selesai pada bulan September 2010 dan pekerjaan tahap kedua, termasuk pemasangan organ Kenneth Tickell tiga manual baru dengan 46 stop, selesai pada bulan Februari 2013.[4]

Pada tanggal 4 Februari, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa Uskup Robert Byrne akan menjadi Uskup Hexham dan Newcastle berikutnya setelah pengunduran diri Uskup Seamus Cunningham. Robert Byrne sebelumnya menjabat sebagai uskup pembantu di Keuskupan Agung Birmingham, ia juga anggota Oratorium St. Philip Neri di Birmingham Oratory.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brady, W. Maziere (1876). Suksesi Episkopal di Inggris, Skotlandia dan Irlandia, 1400 hingga 1875 M. Jilid 3. Rom: Tipografia Della Pace. hal. 345–346.
  2. ^ "Cathedral Church of St Mary". www.stmaryscathedral.org.uk. Diakses tanggal 23 Maret 2024. 
  3. ^ "St Mary's Cathedral, Newcastle - Co-Curate". co-curate.ncl.ac.uk. Diakses tanggal 23 Maret 2024. 
  4. ^ ""Katedral St Mary, Newcastle upon Tyne", Kenneth Tickell & Company, Ltd". tickell-organs.co.uk. Diakses tanggal 23 Maret 2024.