Katedral Murska Sobota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Murska Sobota
Katedral Santo Nikolas
bahasa Slovenia: Stolnica sv. Nikolaja, Murska Sobota
Katedral Murska Sobota
LokasiMurska Sobota
NegaraSlovenia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Murska Sobota

Katedral Murska Sobota (bahasa Slovenia: Stolna cerkev sv. Nikolaja) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Murska Sobota, Slovenia. Katedral tersebut telah menjadi pusat keuskupan dan takhta bagi Keuskupan Murska Sobota sejak keuskupan tersebut didirikan pada tahun 2006. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Nikolas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs ini awalnya ditempati oleh kuil Romawi. Gereja pertama di sini dibangun dari kayu pada tahun 1071, tak lama setelah Orang Hongaria yang menetap di sini berpindah agama menjadi Katolik. Murska Sobota berkembang menjadi pusat keagamaan selama Abad Pertengahan.

Katedral kedua abad pertengahan tahun 1350 digantikan pada tahun 1912 dengan bangunan Neo-Romanesque yang sekarang, yang mencakup beberapa elemen dekoratif Jugendstil. Beton bertulang digunakan dalam konstruksi.

Keempat lonceng dari katedral lama digantung kembali di menara tempat lonceng bergantung yang baru. Pada tahun 1992 sebuah organ baru dipasang, dengan 37 register, merupakan salah satu yang terbesar di negara ini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]