Katedral Munhall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Munhall
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
St. John the Baptist Byzantine Catholic Cathedral
Katedral Munhall
LokasiMunhall
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Ruthenia)
Sejarah
Didirikan1948
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaByzantine Revival
Spesifikasi
Jumlah kubah2
Administrasi
KeuskupanEparki Agung Pittsburgh

Katedral Munhall yang bernama resmi Katedral Santo Yohanes Pembaptis adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Munhall, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Karena membutuhkan gereja yang lebih besar, pada musim panas tahun 1902, dua bidang tanah diperoleh di sudut Jalan Kesepuluh dan Jalan Dicksons di Munhall yang baru dibuat (dari Homestead) borough. Ini dirancang oleh arsitek kelahiran Hungaria, Titus de Bobula, dan berpola setelah Rusyn Greek Catholic Cathedral of the Exaltation Salib Suci di Ungvár, Austria-Hongaria (sekarang Uzhhorod, Ukraina). Menara kembar gereja, yang tingginya setinggi 125 kaki (38 m), terbuat dari batu bata putih dengan pola salib Yunani yang dilapisi dengan batu pasir. Ketinggiannya mencapai 125 kaki (38 m). Gereja ini diresmikan pada tanggal 27 Desember 1903 di bawah Co-Adjutor Bishop Regis Canevin dari Keuskupan Katolik Roma Pittsburgh, yang kemudian memiliki yurisdiksi atas umat Katolik Yunani di wilayahnya.

Jemaat tersebut berkembang menjadi lebih dari 700 keluarga pada tahun 1920-an. Pada tahun 1929, katedral ini dipilih sebagai katedral untuk Eksarkat Katolik Yunani Ruthenian yang baru dibentuk di Amerika. Struktur bersejarah ini adalah katedral pertama di Amerika khusus untuk Carpatho-Rusyns.

Pada tahun 1950-an paroki memulai tugas merenovasi dan memodernisasi Katedral. Sementara renovasi berlangsung, Liturgi Ilahi diadakan di auditorium sekolah. Mgr. John Gernat yang menjabat sebagai rektor dari tahun 1959 hingga 1963 menyelesaikan renovasi.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Carpatho-Rusyn Society - Cultural Center". Diakses tanggal 11 March 2021.