Katedral Montauban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Montauban
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
Prancis: Cathédrale Notre-Dame-de-l'Assomption de Montauban
Katedral Montauban
LokasiMontauban
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Montauban

Katedral Montauban (Perancis: Cathédrale Notre-Dame-de-l'Assomption de Montauban) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Montauban, Prancis.

Ini adalah kedudukan Keuskupan Montauban, yang dibentuk pada tahun 1317, dihapuskan oleh Konkordat 1801 dan dipindahkan ke Keuskupan Agung Toulouse, dan dipulihkan pada tahun 1822.

Katedral Montauban adalah Protestan sejak dimulainya Perang Agama hingga agama Katolik kembali ke Montauban pada tahun 1629.

Pembangunan gereja baru, gedung yang sekarang, disepakati setelah pencabutan Edict of Nantes pada tahun 1685. Peletakan batu pertama katedral baru dilakukan pada tahun 1692, dan gereja tersebut ditahbiskan pada tahun 1739. Awalnya, gereja tersebut arsitek François d'Orbay mengawasi pekerjaan tersebut. Ketika dia meninggal pada tahun 1697, dia digantikan oleh Jules Hardouin-Mansart dan Robert de Cotte.

Menara-menara tersebut membingkai fasad barat, sebuah produk murni yang menerapkan semua konvensi seni klasik, yaitu fasad Ionic dengan peristyle yang dipasangi patung Empat Penginjil yang menggantikan patung aslinya. Interiornya dihiasi dengan pilaster, metope, dan triglyph, dan garis vertikal katedral yang tegas dan elegan menjadikannya contoh khas arsitektur klasik . Lukisan terkenal karya Ingres, "Sumpah Louis XIII", digantung di lengan utara transept.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]