Katedral Montalcino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Montalcino
Katedral Juruselamat Suci
bahasa Italia: Concattedrale di S. Salvatore
Katedral Montalcino
LokasiMontalcino
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Siena-Colle di Val d'Elsa-Montalcino

Katedral Montalcino (bahasa Italia: Duomo di Montalcino, Concattedrale di San Salvatore) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Montalcino di provinsi Siena, Italia. Dulunya merupakan takhta para uskup Montalcino, sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral di Keuskupan Agung Siena-Colle di Val d'Elsa-Montalcino. Ini didedikasikan untuk Juruselamat Suci (San Salvatore).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja yang akan menjadi katedral ini dibangun pada abad ke-14 di situs pieve kuno San Salvatore, diyakini dibangun sekitar tahun 1000, dan dinaikkan statusnya menjadi katedral pada tahun 1462 oleh Paus Pius II.

Bangunan ini dihancurkan dan dibangun kembali antara tahun 1818 dan 1832 dengan gaya Neo-Klasik sesuai rencana oleh arsitek Siena Agostino Fantastici.

Arsitekturnya dicirikan oleh pronaos, atau serambi, yang terdiri dari enam kolom ionik dan entablature. Tiga portal di depan timur menunjukkan pembagian bangunan menjadi tiga bagian tengah, yang memiliki barrel vault.

Menara lonceng ini berasal dari abad kedelapan belas. Bahan untuk pembangunannya diambil dari gereja Romawi San Pietro di Asso.

Altar tinggi terbuat dari sejumlah bahan berbeda. Desain Fantastici dari tahun 1828 masih bertahan, yang tampaknya agak disederhanakan dalam pelaksanaannya.

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Francesco Vanni, Dikandung Tanpa Noda Bersama Yesus dan Allah Bapa (1588)

Di antara karya seni terkenal di katedral adalah lukisan Dikandung Tanpa Noda Bersama Yesus dan Allah Bapa karya Francesco Vanni muda dari Siena, yang menunjukkan kaitan kuat dengan lukisan subjek yang sama karya Federico Barocci. Di altar depan, terdapat lukisan Santo Yohanes Pembaptis di padang pasir, karya awal lainnya oleh Francesco Vanni.

Di altar di Kapel Penderitaan terdapat lukisan aliran Siena pada kuartal terakhir abad ke-16, berasal dari Beccafumi, tentang Santo Mikael sang Malaikat Agung mengusir malaikat pemberontak dari Surga.

Di kapel pertama di bagian tengah utara, beberapa fragmen telah dipasang kembali dari patung travertine yang menggambarkan Kristus dalam almond mandorla di antara dua malaikat dengan thurible, dari paruh kedua abad ke-11 , yang awalnya merupakan bagian dari portal pieve kuno yang bertahan hingga tahun 1817, ketika dihancurkan.

Di dinding belakang sakristi terdapat lukisan tahun 1647 karya Francesco Nasini dari Maria Diangkat ke Surga dengan para malaikat dan para Suci Hippolytus dan Siprianus yang ditugaskan oleh Ippolito Senesi untuk altar Santo Hippolytus dan Anthony, sejak dibongkar.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Santi, Bruno (ed.), 1999: L'Amiata e la Val d'Orcia, in the series "I Luoghi della Fede", Milano, Mondadori, 1999, pp. 59 – 60. ISBN 88-04-46780-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°03′32″N 11°29′16″E / 43.05889°N 11.48778°E / 43.05889; 11.48778