Katedral Monopoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Monopoli
Katedral Santa Maria
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di Maria SS. della Madia
Katedral Monopoli
LokasiMonopoli
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Conversano-Monopoli

Pintu utama
Kapel Sakramen Maha Kudus
Altar S. Maria della Madia

Katedral Monopoli, bernama resmi Basilika Madonna della Madia atau Santa Maria della Madia (bahasa Italia: Duomo di Monopoli; Basilica Concattedrale di Maria Santissima della Madia) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Monopoli, di provinsi Bari, wilayah Apulia, Italia. Ini didedikasikan untuk Perawan Maria dengan judul Madonna della Madia, setelah ikon disimpan di sini. Dulunya merupakan takhta episkopal Keuskupan Monopoli, sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral di Keuskupan Conversano-Monopoli.

Katedral ini diberikan status basilika minor pada tahun 1921.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini didirikan di dekat lokasi kuil Romawi dan situs pemakaman. Pengerjaan pembangunannya dimulai pada tahun 1107, namun diduga dihentikan karena kurangnya balok atap. Sebuah keajaiban terjadi pada tahun 1117 ketika sebuah rakit yang membawa ikon Madonna melayang ke pelabuhan. Balok rakit digunakan untuk membangun atap.

Struktur Romawi baru selesai dibangun pada tahun 1442, ketika ditahbiskan. Dua dari tiga menara lonceng rusak selama pengepungan Marquis Del Vasto pada tahun 1528. Menara yang tersisa runtuh pada tahun 1686, menewaskan empat puluh warga kota. Pada tahun 1693, sebuah campanile baru telah didirikan.

Pada tahun 1738, sumbangan dari Uskup Giulio Sacchi menyerukan perbaikan. Gereja lama dirobohkan, dan gereja baru dimulai pada tahun 1742. Pekerjaan selesai dengan gaya Baroque pada tahun 1772.

Pada tahun 1921, katedral ini dinyatakan sebagai basilika kecil. Pada tahun 1986, keuskupan Monopoli dan Conversano bergabung, menjadikan keuskupan ini sebagai katedral bersama.

Pada tahun 1770, ikon Bunda Maria dari Madia Dimahkotai dengan dekrit dari Paus Klemens XIII

Kapel Our Lady of Madia memiliki dekorasi polikrom yang rumit di altar. Kapel berisi dua kanvas besar karya Pietro Bardellino, dan terdapat 6 lukisan kecil abad ke-18 yang menggambarkan Kehidupan Perawan oleh Michele del Pezzo. Serangkaian empat lukisan (1732) di Kapel Para Martir karya Michelangelo Signorile menceritakan Keajaiban Rakit.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°57′04″N 17°18′12″E / 40.9510°N 17.3033°E / 40.9510; 17.3033