Katedral Mondovì

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Mondovì
Katedral Santo Donatus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Donato
Katedral Mondovì
LokasiMondovì
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Mondovì

Katedral Mondovì (bahasa Italia: Cattedrale di Mondovi; Cattedrale di San Donato) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Mondovì, Provinsi Cuneo, Piemonte, utara Italia, didedikasikan untuk Santo Donatus dari Arezzo. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Mondovì.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Beberapa bangunan digunakan selama berabad-abad untuk katedral keuskupan. Yang pertama adalah pieve San Donato (abad ke-12), yang pada awal abad ke-16 digantikan oleh gereja Renaissance baru, yang dibongkar atas perintah Emmanuel Philibert , Adipati Savoy, pada tahun 1574. Gereja San Francesco kemudian dinyatakan sebagai katedral, yang kemudian digantikan oleh gereja yang sekarang, yang dibangun antara tahun 1743 dan 1753 sesuai desain arsitek Francesco Gallo, dan menahbiskan sepuluh tahun kemudian oleh Uskup Michele Casati.

Katedral ini dipenuhi dengan karya seni, banyak di antaranya berasal dari bangunan pendahulunya. Diantaranya adalah altar gereja Renaisans (1507), yang kini disimpan di ruang bab; patung kuno Paus Pius V yang disumbangkan oleh Paus Pius XI pada tahun 1872; dan berbagai lukisan abad ke-17 dan ke-18 karya seniman Piedmont dan Lombard. Dekorasi yang dicat dan pekerjaan plesteran dilaksanakan pada pertengahan abad ke-19. presbiteri dan altar utama dihiasi dengan lukisan dinding besar: di apse terdapat Kemartiran San Donato oleh Paolo Emilio Morgari; di kubah Pemuliaan Santo Pius V; di pastoran diadakan Penobatan Perawan. Kapel Hak Pilih adalah contoh yang sangat bagus dari gaya Rococo pada abad ke-18, dengan alabaster salib pada akhir abad tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 44°23′23″N 7°49′45″E / 44.3898°N 7.8293°E / 44.3898; 7.8293