Katedral Molfetta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Molfetta
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Ignatius dari Loyola
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta e Sant'Ignazio di Loyola
Katedral Molfetta
LokasiMolfetta
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Molfetta-Ruvo-Giovinazzo-Terlizzi

Katedral Molfetta, yang bernama resmi Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Ignatius Loyola (bahasa Italia: Duomo di Molfetta, Cattedrale atau Chiesa di Santa Maria Assunta e Sant'Ignazio di Loyola), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Molfetta, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga dan Santo Ignatius dari Loyola. Awalnya adalah gereja Yesuit, kemudian menjadi tempat kedudukan uskup Molfetta pada akhir abad ke-18. Sejak tahun 1986 ia menjadi tempat kedudukan episkopal Keuskupan Molfetta-Ruvo-Giovinazzo-Terlizzi.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral yang sekarang ini dibangun oleh Yesuit pada abad ke-17 dan didedikasikan kepada pendiri mereka, Santo Ignatius dari Loyola. Dimulai pada tahun 1610, baru selesai pada tahun 1744 dengan pembangunan fasad yang bergambar Loyola. Pada penindasan Serikat Yesus pada tahun 1767, gereja tersebut ditinggalkan hingga tahun 1785, ketika gereja tersebut dipulihkan dan diperluas dan dijadikan katedral baru di keuskupan Molfetta, ketika peninggalan santo pelindung kota, Saint Conrad dari Bavaria (San Corrado), diterjemahkan dari katedral sebelumnya ("duomo vecchio" atau "katedral tua"), yang sekarang menjadi gereja San Corrado.

Di antara karya seni di katedral adalah Dormitio Mariae ("Tertidurnya Bunda Maria") yang dikaitkan dengan Scacco (abad ke-16), monumen naturalis dan sejarawan Molfettese Giuseppe Maria Giovene, di sebelah kiri dari altar yang didedikasikan untuk Santo Conrad, dan di atasnya, kanvas megah karya Corrado Giaquinto dari Maria Diangkat ke Surga. Pada tahun 1887 kubah langit-langit didekorasi dengan tempera oleh pelukis Molfette, Michele Romano.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Cattedrali di Puglia. Una storia lunga duemila anni (ed. Cosimo Damiano Fonseca). Mario Adda Editore: Bari. 2001