Katedral Modena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Modena
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Modena
LokasiModena
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Modena-Nonantola

Katedral Modena (bahasa Italia: Cattedrale Metropolitana di Santa Maria Assunta e San Geminiano tetapi bahasa sehari-hari hanya dikenal sebagai Duomo di Modena) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Modena, Italia, didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga dan Santo Geminianus. Dulunya merupakan kedudukan Keuskupan, kemudian Keuskupan Agung, Modena, sejak tahun 1986 menjadi kedudukan uskup agung Keuskupan Agung Modena-Nonantola. Disucikan pada tahun 1184, ini adalah bangunan Romawi penting di Eropa, dan bersama dengan menara loncengnya, Torre della Ghirlandina, ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak abad ke-5, dua gereja telah berdiri di lokasi katedral yang sekarang: penemuan situs pemakaman Santo Geminianus, santo pelindung Modena, menyebabkan kehancuran gereja-gereja tersebut dan pembangunan katedral ini pada tahun 1099. Desain dan arahan awal diberikan oleh seorang arsitek yang dikenal sebagai Lanfranco, hanya sedikit yang diketahui tentang arsitek ini. Jenazah Santo masih dipamerkan di ruang bawah tanah katedral. Katedral yang sekarang ini ditahbiskan oleh Paus Lusius III pada tanggal 12 Juli 1184.[1] Ini juga merupakan tempat Modena menyimpan Bucket Bologna dari War of the Bucket.

Hiasan[sunting | sunting sumber]

Prasasti di apse.

Setelah karya Lanfranco, katedral ini dihiasi oleh Anselmo da Campione dan ahli warisnya, yang disebut "tuan Campione". Oleh karena itu, fasad saat ini menunjukkan gaya yang berbeda. Jendela mawar yang megah ditambahkan oleh Anselmo pada abad ke-13, sedangkan dua singa yang menopang tiang pintu masuk berasal dari zaman Romawi, mungkin ditemukan saat menggali fondasinya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Lacy, Norris J. (1991). The New Arthurian Encyclopedia. New York: Garland. ISBN 0-8240-4377-4.
  • Loomis, Roger Sherman (1927). Celtic Myth and Arthurian Romance. Columbia University Press.