Katedral Metropolitan Lviv

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Metropolitan Lviv
Katedral Agung Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga
Katedral Latin
Ukraina: Латинський собор
Katedral Metropolitan Lviv
Katedral Metropolitan Lviv di Ukraina
Katedral Metropolitan Lviv
Katedral Metropolitan Lviv
49°50′27″N 24°01′50″E / 49.8408°N 24.0306°E / 49.8408; 24.0306Koordinat: 49°50′27″N 24°01′50″E / 49.8408°N 24.0306°E / 49.8408; 24.0306
LokasiLviv
NegaraUkraina
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1360
PendiriKazimierz III
Tanggal konsekrasi1481
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaGotik
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Lviv
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Mieczysław Mokrzycki

Katedral Agung Basilika Bunda Maria Diangkat ke Surga, biasanya hanya disebut Katedral Latin (Ukraina: Лати́нський собо́р, bahasa Polandia: Katedra Łacińska) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Lviv, Ukraina bagian barat. Terletak di Kota Tua kota, di sudut barat daya alun-alun pasar, yang disebut Alun-Alun Katedral. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Lviv.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama yang dibangun di situs ini adalah gereja kayu Katolik kecil yang didedikasikan untuk Tritunggal Mahakudus, dibangun pada tahun 1344 dan hilang dalam kebakaran enam tahun kemudian. Pada tahun 1360, raja Casimir III dari Polandia memulai pembangunan gereja yang sekarang, dibangun dengan gaya Gotik, sebagai katedral dari Keuskupan Latin. Gereja ini ditahbiskan pada tahun 1405 dan paroki dipindahkan ke sini dari gereja "Our Lady of the Snows". Pada tahun 1412 tahta dipindahkan dari Halych. Pekerjaan konstruksi berlanjut sepanjang abad ke-15 dan katedral akhirnya ditahbiskan pada tahun 1481.

Katedral menyaksikan banyak peristiwa penting. Pada tahun 1440 Metropolitan Kiev, Kardinal Isidore merayakan Misa Kudus untuk intensi Persatuan Umat Kristiani, ketika ia singgah di Lwów dalam perjalanan kembali dari Dewan Florence. Tempat ini dikunjungi oleh beberapa raja Polandia, terutama oleh John II Casimir, yang mempercayakan Persemakmuran Polandia-Lithuania untuk merawat Perawan Terberkati di tempat yang kemudian dikenal sebagai Perawan Maria yang Terberkati.

Pada tahun 1761–1776 katedral ini direnovasi dengan gaya Baroque dan menara lonceng yang tinggi ditambahkan. Pada tahun 1776 ikon ajaib Bunda Allah yang disimpan di katedral dimahkotai dan ditempatkan di altar utama. Pada tahun 1892–1898 pastoran direnovasi dengan gaya Neogothic dan kaca patri, dirancang oleh Józef Mehoffer dan Jan Matejko dipasang. Pada tahun 1910 katedral ini diberikan status basilika minor oleh Paus Pius X.

Setelah aneksasi Soviet atas hampir separuh wilayah Polandia sebelum perang, Katedral Latin saat ini menjadi salah satu dari dua gereja di Lviv yang tidak ditutup atau tunduk pada Patriarkat Moskow selama Soviet memerintah, yang lainnya adalah gereja Katolik Roma St. Anthony di Lychakiv, sedangkan para uskup yang dideportasi dari Tahta Lwów tinggal di Lubaczów, sebuah kota di Polandia tenggara saat ini, dekat perbatasan dengan wilayah yang sekarang disebut Ukraina. Pada tahun 1991 Paus Yohanes Paulus II mengaktifkan kembali Keuskupan Lviv.

Sementara itu, ikon ajaib Madonna dipindahkan ke Kraków setelah Perang Dunia II, dan kemudian pada tahun 1974 ke prokatedral di Lubaczów. Pada tahun 1983 sekali lagi dinobatkan di Jasna Góra dan sampai sekarang tetap berada di Lubaczów. Katedral Lviv memiliki salinannya yang dimahkotai oleh Paus Yohanes Paulus II selama Kunjungan Apostoliknya ke Ukraina pada tanggal 26 Juni 2001.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]