Katedral Mendoza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Mendoza
Katedral Bunda Loreto
Spanyol: Catedral Nuestra Señora de Loreto
Katedral Mendoza
LokasiMendoza
NegaraArgentina
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Mendoza

Katedral Bunda Maria dari Loreto [1] (Spanyol: Catedral Nuestra Señora de Loreto), juga disebut Katedral Mendoza adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Mendoza, Argentina.[2][3] Awalnya, gereja ini merupakan kapel pada abad kesembilan belas dan dibangun sebagai katedral sementara pada tahun 1934.

Katedral asli yang terletak di Kota Tua hancur akibat gempa bumi pada tahun 1861. Rencananya penggantinya adalah Kota Baru di seberang Plaza Independencia, namun setelah konstruksi dimulai, katedral tersebut harus dibongkar, dengan menargetkan lahan tersebut untuk pembangunan gedung lain.

Keuskupan Agung sedang melakukan pembangunan katedral baru, Kristus Penebus, di Central Park. Hingga pekerjaan proyek tersebut selesai, Gereja Bunda Loreto terus berfungsi sebagai katedral, meskipun kapasitasnya yang berjumlah 500 orang tidak mencukupi untuk melayani kota Mendoza.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Loreto
  2. ^ Turismo, Argentina | Instituto Nacional de Promoción Turística - Ministerio de. "Catedral de Nuestra Señora de Loreto". argentina.travel (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 2016-10-21. 
  3. ^ "Arquidiocesis Mendoza". www.arquimendoza.org.ar (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 2016-10-21.