Katedral Melbourne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Melbourne
Gereja Katedral dan Basilika Minor Santo Patrick
Cathedral Church and Minor Basilica of Saint Patrick
Katedral Melbourne
Katedral Melbourne di Victoria
Katedral Melbourne
Katedral Melbourne
37°48′36″S 144°58′34″E / 37.81000°S 144.97611°E / -37.81000; 144.97611Koordinat: 37°48′36″S 144°58′34″E / 37.81000°S 144.97611°E / -37.81000; 144.97611
LokasiMelbourne
NegaraAustralia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.cam.org.au/cathedral
Sejarah
DedikasiSanto Patrick
Tanggal dedikasi1851
Tanggal konsekrasi1897
Arsitektur
StatusKatedral, basilika minor[1]
Status fungsionalAktif
ArsitekWilliam Wardell
Tipe arsitekturKatedral
GayaNeo-Gotik
Peletakan batu pertama1858
Selesai1939
Spesifikasi
Panjang1.036 meter (3.399 ft)
Lebar564 meter (1.850 ft)
Lebar bagian tengah gereja253 meter (830 ft)
Tinggi bagian tengah gereja289 meter (948 ft)
Jumlah puncak menara3
Tinggi puncak menara105 meter (344 ft)
Administrasi
ParokiSanto Patrick
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Melbourne
MetropolitanMelbourne
ProvinsiMelbourne
DistrikMelbourne
Klerus
Uskup AgungPeter Comensoli
DekanWerner Utri
Imam rekanRichard Rosse

Gereja Katedral dan Basilika Minor Santo Patrick atau dalam bahasa Inggris: Cathedral Church and Minor Basilica of Saint Patrick (biasanya disebut Katedral St Patrick) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Melbourne, Australia yang menjadi pusat kedudukan dari Keuskupan Agung Melbourne di Victoria, Australia, dan takhta bagi Uskup Agung Melbourne, yang saat ini menjabat, Yang Mulia Mgr. Peter Comensoli.

Pada tahun 1974 Paus Paulus VI menganugerahkan gelar dan martabat basilika minor padanya. Pada tahun 1986 Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Katedral Melbourne dan berbicara kepada para pastor selama kunjungan kepausannya.

Katedral Melbourne dibangun di sumbu timur-barat tradisional, dengan altar di ujung timur, melambangkan kepercayaan pada kebangkitan Kristus. Denahnya berbentuk salib Latin, terdiri dari nave dengan gang samping, transept dengan gang samping, tempat suci dengan tujuh kapel, dan sakristi. Meskipun panjangnya 1.036-meter (3.399 ft) sedikit lebih pendek daripada Katedral Santa Maria, Sydney, Katedral Melbourne memiliki keistimewaan sebagai yang tertinggi dan, secara keseluruhan, terbesar gedung gereja di Australia.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di Eastern Hill di Melbourne, di area yang dibatasi oleh Albert Street, Gisborne Street, Lansdowne Street, dan Cathedral Place. Di sebelah barat di seberang Gisborne Street terdapat Gereja St Peter, dibangun dari tahun 1846 hingga 1848, yang merupakan gereja paroki Anglikan di Melbourne.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1848, Augustinian frater James Goold diangkat sebagai uskup pertama di Melbourne dan menjadi uskup keempat di Australia, setelah Sydney, Hobart dan Adelaide. Negosiasi dengan pemerintah kolonial untuk pemberian tanah seluas lima hektar untuk sebuah gereja di daerah Eastern Hill dimulai pada tahun 1848. Pada tanggal 1 April 1851, hanya 16 tahun setelah berdirinya Melbourne, Sekretaris Kolonial Victoria akhirnya mengabulkan situs ke Gereja Katolik Roma.

Goold memutuskan untuk membangun katedralnya di situs Eastern Hill.

Karena komunitas Katolik Melbourne pada saat itu hampir seluruhnya orang Irlandia, katedral didedikasikan untuk Santo Patrick, santo pelindung Irlandia.

Tampilan dari pintu masuk utama ke katedral

Pada tahun 1851 sebuah permulaan dibuat, tetapi dengan setiap pria berbadan sehat di koloni segera bergegas ke ladang emas, tidak banyak yang dibangun pada tahun 1856, ketika Goold menugaskan yang lebih besar, menggunakan desain oleh Charles Hansom, tetapi hanya lorong selatan yang dibangun pada tahun 1858 ketika Goold menunjuk arsitek Inggris yang baru tiba William Wardell untuk merancang lorong yang jauh lebih besar.[2] Wardell adalah seorang arsitek ulung, yang dikenal terutama untuk serangkaian gereja Katolik di London, semuanya dalam gaya Neo-Gotik, dan merupakan bagian dari lingkaran di sekitar salah satu eksponen terkemuka Gotik untuk gereja, Augustus Welby Pugin.

Katedral St Patrick mengacu pada gaya Gotik akhir abad ketiga belas, berdasarkan katedral abad pertengahan besar di Inggris. Gayanya secara khusus Geometrik Dihiasi Gotik, menunjukkan gaya ini paling kompleks di jendela barat nave yang besar. Lengan timur dengan chevet kapel yang memancar dalam gaya Prancis pada dasarnya masih dalam gaya Inggris akhir abad ketiga belas, memberikan esai terlengkap yang dicoba dalam gaya itu selama abad kesembilan belas. William Wardell adalah seorang arsitek yang sangat ambisius dan cakap; dia melanjutkan untuk merancang Katedral Santa Maria, Sydney yang kedua, dengan gaya yang sama, bahkan lebih besar dari Katedral Melbourne, tetapi dengan East End persegi yang sepenuhnya berbahasa Inggris.

Katedral Santo Patrick, Melbourne. Patung di latar depan adalah pemimpin nasionalis Irlandia Daniel O'Connell

Pada tahun 1974 Paus Paulus VI menganugerahkan gelar dan martabat basilika minor padanya. Pada tahun 1986 Paus Yohanes Paulus II mengunjungi katedral dan berbicara kepada para pastor selama kunjungan kepausannya. Bangunan ini juga mengalami larangan hijau pada tahun 1970-an.[3]

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1858 William Wardell ditugaskan untuk merencanakan katedral dengan kontrak yang ditandatangani pada tanggal 8 Desember 1858 dan pembangunan dimulai pada tahun yang sama.

Katedral Melbourne dengan scaffolding dan Sekolah Santo Patrick, Eastern Hill c. Perpustakaan Negara Bagian 1866 Victoria H2119

Meskipun nave selesai dalam 10 tahun, konstruksi berjalan lambat, dan semakin tertunda oleh depresi berat yang melanda Melbourne pada tahun 1891. Di bawah kepemimpinan Uskup Agung Thomas Carr katedral ditahbiskan pada tahun 1897 dan itu pun belum selesai. Mengingat besarnya komunitas Katolik pada saat itu, katedral Gotik batu biru yang besar merupakan pekerjaan yang sangat besar dan sangat mahal, dan ada penundaan yang lama sementara dana dikumpulkan. St Patrick's adalah salah satu dari dua gereja terbesar yang diselesaikan secara substansial di mana pun di dunia pada abad ke-19. Yang lainnya adalah Katedral Santo Patrick, New York, Amerika Serikat.

Daniel Mannix, yang menjadi Uskup Agung Melbourne pada tahun 1917, mempertahankan minat konstan pada katedral, yang dia bertekad untuk menyelesaikannya setelah penundaan yang lama selama 30 tahun sebelumnya. Dia mengawasi penambahan menara dan elemen lainnya pada akhir tahun 1930-an, dengan menara dibangun lebih tinggi dari desain asli Wardell.[4] Bangunan ini secara resmi selesai pada tahun 1939.

Katedral memiliki panjang 1.036 meter (3.399 ft) pada sumbu panjangnya, lebar 564 meter (1.850 ft) melintasi transept dan lebar 253 meter (830 ft) melintasi nave. Nave dan transept tingginya 289 meter (948 ft). Puncak menara pusat tingginya 105 meter (344 ft) dan menara serta menara yang mengapit tingginya 619 meter (2.031 ft). Batu biru yang digunakan dalam konstruksinya bersumber dari endapan basal di Footscray terdekat.

Pemulihan[sunting | sunting sumber]

Untuk merayakan seratus tahun penahbisannya pada tahun 1997, katedral ditutup sepanjang tahun 1994 untuk ditingkatkan. Tidak ada yang ditambahkan ke bangunan utama. Sebaliknya, itu menjalani pekerjaan konservasi yang signifikan, dengan dana yang disumbangkan oleh pemerintah federal dan Victoria, donor korporat dan filantropis, serta komunitas Melbourne.

Jendela kaca patri katedral telah tertekuk dan retak dan membutuhkan waktu satu tahun penuh untuk mengembalikannya ke keadaan semula. Tim tukang batu dan pengrajin kaca patri menggunakan "mortar kapur dan bahan yang sudah lama terlupakan oleh perdagangan bangunan — seperti abad pertengahan".[5] Pekerjaan restorasi tahun 1992–1997 dilakukan di bawah bimbingan Falkinger Andronas Arsitek dan Konsultan Peninggalan. Karya-karya tersebut dianugerahi Royal Australian Institute of Architects (Bab Victoria) Penghargaan John George Knight untuk Arsitektur Warisan 1996. Salah satu gargoyle yang direstorasi oleh tim tukang batu dimodelkan pada saat itu-Premier of Victoria , Jeff Kennett.[6]

Musik[sunting | sunting sumber]

Paduan suara katedral[sunting | sunting sumber]

Ada musik di St Patrick sejak 1858,[7] tetapi paduan suara katedral yang sekarang didirikan pada tahun 1939 ketika Vienna Mozart Boys Choir terdampar di Australia saat wabah perang. Museum Nasional Australia menyimpan koleksi memorabilia paduan suara dari periode ini.[8] Paduan suara St Patrick memiliki antara 50 dan 60 anggota yang semuanya adalah siswa St Kevin's College di Toorak, melalui program beasiswa dari keuskupan agung.[9] Paduan suara ini telah membuat rekaman komersial di masa lalu, terutama dari tahun 1950-an hingga 1990-an.[10] Rekaman terpilih sebelum tahun 1980-an telah disimpan dalam National Film and Sound Archive (Screensound Australia).

Penyanyi katedral[sunting | sunting sumber]

Dibentuk pada Mei 1996, St Patrick's Cathedral Singers melengkapi sumber musik katedral. Paduan suara telah diarahkan sejak 2015 oleh Mr Christopher Mason. Para penyanyi ini bernyanyi setiap minggu pada Misa Minggu pukul 18:30. Masuk melalui audisi dan beberapa beasiswa tersedia bagi siswa yang memenuhi syarat.

Organ pipa[sunting | sunting sumber]

organ pipa asli katedral dibangun pada akhir tahun 1870-an oleh Robert Mackenzie dan selesai pada tahun 1880 oleh George Fincham. Instalasi saat ini dibangun oleh George Fincham & Sons, Melbourne pada tahun 1962–64 dan menggabungkan abagian penting dari aslinya. Dipasang di galeri barat katedral, itu terdiri dari 81 berbicara berhenti tersebar di empat manual dan pedal. Beberapa perhentian dapat bertanggal ke tahun 1880 atau 1896, ketika instrumen diperbesar. Organ itu diperbaharui pada tahun 1996–97 untuk peringatan seratus tahun katedral. Selain melayani kebutuhan liturgi katedral, organ kadang-kadang digunakan untuk resital dan rekaman.[11]

Organ Besar C–
1. Gemshorn 16'
2. Buka Diapason 8'
3. Gemshorn 8'
4. Menghentikan Diapason 8'
5. Seruling Harmonik 8'
6. Dulciana 8'
7. Kepala Sekolah 4′
8. Gemshorn 4′
9. Seruling Suabe 4'
10. Keduabelas 2Templat:2/3
11. Kelimabelas 2′
12. Fournitur V
13. Campuran V
14. Grand Cymbel V
15. Terompet 8'
16. Clarion 4′
Swell C–
17. Gedeckt 16'
18. Buka Diapason 8'
19. Menghentikan Diapason 8'
20. Viola da Gamba 8'
21. Salis 8'
22. Voix celeste 8'
23. Kepala Sekolah 4′
24. Seruling Berhenti 4′
25. Kedua belas 2Templat:2/3
26. Kelimabelas 2′
27. Piccolo 2′
28. Kornet III
29. Campuran V
30. Terompet Ganda 16'
31. Kornope 8'
32. Kerusakan trompet. 8'
33. Obo 8'
34. Clarion 4'
Solo C–
35. Seruling Harmonik 8'
36. Biola 8'
37. Viola Celeste 8'
38. Seruling Konser 4'
39. Bendera 2′
40. Klarinet Ganda 16'
41. Klarinet 8'
42. Oboe Orkestra 8'
43. Cor Anglais 8'
44. Posaune 8'
45. Clarion 4'
46. Tabung 8'
47. Trompet en cham. 8'
Organ Positif C–
48. Kepala Sekolah 8'
49. Gedeckt 8'
50. Kepala Sekolah 4′
51. Quintadena 4′
52. Nazard 2Templat:2/3
53. Waldflote 2′
54. Tingkat 1
55. Larigot 1Templat:1/3
56. Sifflöte 1′
57. Zimbel IV
58. Cromorne 8'
Pedal C–
59. Bass Akustik 32′
60. Buka Diapason-Kayu 16'
61. Gemshorn 16'
62. Violone 16'
63. Bourdon 16'
64. Gedeckt 16'
(lanjutan)
65. Oktaf -Kayu 8'
66. Kepala Sekolah 8'
67. Seruling Bass 8'
68. Gemshorn 8'
69. selo 8'
70. Kedua belas 5Templat:1/3
(lanjutan)
71. Kelimabelas 4'
72. Seruling Dolce 4'
73. CampuranIV
74. Kontra Bombardir 32′
75. Membombardir 16'
76. Terompet Ganda 16'
(lanjutan)
77. Klarinet Ganda 16'
78. Membombardir 8'
79. Terompet 8'
80. Clarion 4′
81. Terompet 4'

Lonceng[sunting | sunting sumber]

Lonceng katedral diakuisisi oleh Uskup Goold, pemimpin Katolik Roma Melbourne saat itu, ketika dia mengunjungi Eropa pada tahun 1851–1852. Dia membeli delapan lonceng seharga £500 (dengan beberapa catatan menunjukkan bahwa harganya £700). Mereka tiba di Australia pada tahun 1853. peal dari delapan lonceng ada di F natural, dengan tenor seberat Templat:Long ton dan treble Templat:Long ton. Peal menetapkan bobot sekitar 3.556 kilogram (7.840 pon). Semua lonceng dibunyikan oleh John Murphy dari Dublin pada tahun 1852.[12]

Lonceng digantung dalam bingkai rendah di permukaan tanah di lorong barat pada tahun 1868. konsekrasi kebaktian dihadiri oleh sekitar 5.000 orang. Lonceng delapan menyandang lambang Uskup Goold. Lonceng itu akhirnya digantung di menara tenggara.

Dering St Patrick's memulai kebiasaan membunyikan pada Tahun Baru pada tahun 1871. Dan pada tahun 1880-an, Katedral St Patrick menjadi menara utama untuk perubahan dering Australia. Lonceng dibunyikan untuk massa requiem Paus Pius X pada tahun 1914. Pada tahun 1959, belfry rusak dan lonceng menjadi tidak dapat dibunyikan. Lonceng tetap diam sampai tahun 1988, ketika gemuruh dikirim ke pengecoran Eayre dan Smith Bell di Inggris sebagai proyek Victoria utama di antara restorasi lonceng Bicententennial. Sekembalinya mereka, lonceng kesembilan, lonceng Angelus, ditambahkan. Mekanisme denting elektronik juga dipasang saat ini untuk semua bel. Metode manual asli dipertahankan oleh mekanisme elektronik, untuk mereplikasi bagaimana lonceng akan berbunyi jika dibunyikan dengan tangan. Seluruh delapan headstocks harus diganti hanya sepuluh tahun setelah pemasangan ini. Dering berafiliasi dengan The Australian and New Zealand Association of Bellringers.[13]

Lonceng tersebut tidak biasa karena tidak disetel, berbunyi berlawanan arah jarum jam, bukan searah jarum jam, dan dianggap sebagai satu-satunya dering dari delapan lonceng yang dibuat oleh Murphy yang masih beroperasi sampai sekarang.[14]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "St Patrick's Cathedral". GCatholic.org. 15 January 2012. Diakses tanggal 3 February 2012. 
  2. ^ Anderson, Jaynie; Vodola, Maks; Carmody, Shane, ed. (2019). Penemuan Melbourne: seorang uskup agung bergaya barok dan seorang arsitek gothic. Carlton, Vic: The Miegunyah Press. ISBN 978-0-522-87563-8. 
  3. ^ Burgmann, Verity dan Meredith (1998). Larangan Hijau, Red Union: Aktivisme Lingkungan dan Federasi Buruh Pembangun New South Wales. hlm. 50. 
  4. ^ "ST PATRICKS CATHEDRAL PRECINCT". Victoria Heritage Database. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  5. ^ Crawford, Anne (29 August 1998). "Heart of glass". The Age. hlm. Saturday Extra, p. 5. Diakses tanggal 4 November 2009. 
  6. ^ "Itu Kennett si gargoyle – theage .com.au". www.theage.com.au. 7 Juni 2002. Diakses tanggal 4 September 2016. 
  7. ^ Musik di Katedral St Patrick : Profil Cox, Geoffrey. Diakses 27 Februari 2010. Diarsipkan 24 Juli 2008 di Wayback Machine.
  8. ^ Mozart+Boys+Choir+collection+no.+1 NMA – Hasil penelusuran koleksi
  9. ^ Cathedral choir Diakses 27 Februari 2010.
  10. ^ Rekaman paduan suara katedral Diakses 27 Februari 2010.
  11. ^ "Cathedral organ", St. Situs web Katedral Patrick
  12. ^ Baldwin, John. "Melbourne: RC Cath Ch dari S Patrick". Panduan Dove untuk Pendering Lonceng Gereja. 
  13. ^ "Melbourne, St Patrick's Cathedral". ANZAB Tower Directory. The Australian and New Zealand Association of Bellringers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Maret 2014. Diakses tanggal 6 April 2014. 
  14. ^ "History of the Bells", situs web Katedral St Patrick Diarsipkan 11 Februari 2010 di Wayback Machine.