Katedral Matelica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Matelica
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Matelica
LokasiMatelica
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Fabriano-Matelica

Katedral Matelica (bahasa Italia: Concattedrale atau Chiesa di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Matelica, Marche, Italia, didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Dahulu merupakan kursi episkopal Keuskupan Matelica, sekarang menjadi kon-katedral di Keuskupan Fabriano-Matelica.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral pertama Matelica dibangun di pusat bersejarah kota, tetapi runtuh setelah kursi uskup dipindahkan ke tempat lain, dan akhirnya dibongkar pada tahun 1530.

Gereja ini telah digantikan sebagai gereja utama kota pada abad ke-15 oleh gereja Santa Maria della Piazza, yang dijadikan katedral dengan nama Santa Maria Assunta pada tahun 1785 ketika Matelica dipulihkan sebagai keuskupan.

Campanile, yang berasal dari abad ke-15, posisinya paling tidak biasa di tengah bagian depan barat katedral. Hal ini terkadang menimbulkan dugaan mengenai apakah gedung gereja yang ada saat ini menempati posisi yang sama dengan gereja aslinya atau apakah pembangunan kembali dan restorasi yang berulang-ulang dari waktu ke waktu berdampak pada perpindahannya.

Di antara karya seni di katedral, yang patut diperhatikan karena kualitas pengerjaannya yang bagus adalah salib abad ke-18 yang terbuat dari kayu dan perak oleh Giovanni Giardini dari Forlì.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°15′27″N 13°00′31″E / 43.2576°N 13.0087°E / 43.2576; 13.0087