Katedral Matanzas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Matanzas
Katedral Santo Karolus Borromeus
Spanyol: Catedral de San Carlos Borromeo
Katedral Matanzas
LokasiMatanzas
NegaraKuba
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiCarolus Borromeus
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Peletakan batu pertama12 Oktober 1693
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Matanzas

Katedral Santo Carlos Borromeo (Spanyol: Catedral de San Carlos Borromeo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Matanzas, Kuba. Katedral ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Matanzas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peletakan batu pertama gereja dilakukan pada tanggal 12 Oktober 1693, dan Misa pertama dirayakan oleh Uskup Santiago, Diego Evelino Hurtado de Compostela. Gereja aslinya adalah bangunan sederhana yang dibangun dari daun pohon palem. Gereja itu segera hancur karena badai dan pembangunan gereja yang sekarang dimulai. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1735 dengan segala fasilitasnya digunakan pada tahun 1750. Ini adalah gereja yang indah dan elegan dengan lukisan dinding di dinding, langit-langit dan di kubah besar. Setelah bertahun-tahun terbengkalai karena kurangnya pendanaan, katedral ini dipugar dengan hati-hati pada tahun 2017.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Katedral ini berada di lingkungan Matanzas; bagian kota di antara dua sungai, Yumuri dan San Juan. Setengah blok dari Parque de la Libertad (Taman Kebebasan) dan Provinsi Palacio (Istana Provinsi). Terletak di calle Jovellanos (Jalan Jovellanos), antara jalan Milanes dan Independence.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]