Katedral Marsico Nuovo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Marsico Nuovo
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Georgius
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta o S. Giorgio
Katedral Marsico Nuovo
LokasiMarsico Nuovo
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Potenza-Muro Lucano-Marsico Nuovo

Katedral Marsico Nuovo (bahasa Italia: Concattedrale di Marsico Nuovo; Concattedrale di Santa Maria Assunta e San Giorgio) adalah sebuah gereja katedral Katolik terletak di kota Marsico Nuovo, provinsi Potenza, wilayah Basilicata, Italia. Itu berdiri di atas bukit yang menjulang di atas kota. Dulunya merupakan kursi Keuskupan Marsico Nuovo, dan telah menjadi katedral bersama dalam Keuskupan Agung Potenza-Muro Lucano-Marsico Nuovo sejak tahun 1986 .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Struktur ini didirikan pada tahun 1131 di bawah perlindungan uskup Enrico dan Pangeran Goffredo. Gereja Romawi ini dihancurkan oleh kebakaran pada tahun 1807. Sebuah gereja baru ditugaskan oleh uskup Ignazio Maroldo, dan selesai pada tahun 1829, tetapi gempa bumi meruntuhkan bangunan tersebut pada tahun 1857. Akhirnya, sebuah katedral baru dimulai. pada tahun 1875 dan selesai pada tahun 1899. Menara lonceng ini dibangun pada tahun 1293, ditugaskan oleh Count Tommaso Sanseverino.

Portal utama berasal dari abad ke-16 dan dikelilingi oleh relief Perawan abad ke-18. Gereja sekarang memiliki satu bagian tengah. Interiornya berisi kayu Madonna dan Anak dari abad ke-13, serta mimbar dan paduan suara abad ke-17. Terdapat beberapa lukisan karya Nicola Peccheneda.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]