Katedral Beirut (Maronit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Katedral Maronit Beirut)
Katedral Maronit Beirut
Gereja Katedral Katolik Maronit Santo Georgius di Beirut
Arab: كاتدرائية مار جرجس للموارنة
Katedral Maronit Beirut
LokasiBeirut
Negara Lebanon
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Maronit)
Sejarah
DedikasiSanto Georgius
Arsitektur
ArsitekGiuseppe Maggiore
Peletakan batu pertama1884
Selesai1894
Administrasi
Keuskupan AgungEparki Agung Beirut

Katedral Katolik Maronit Santo Georgius, Beirut (Arab: كاتدرائية مار جرجس للموارنة) adalah sebuah gereja katedral Katolik dari ritus Maronit yang terletak di kota Beirut, ibu kota Lebanon. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Eparki Agung Beirut. Pembangunannya, dengan fasad, interior, dan denah Neoklasik yang terinspirasi oleh Basilika Santa Maria Maggiore, yang pembangunannya dimulai pada tahun 1884 dan berakhir pada tahun 1894.

Katedral ini terkena serangan hebat dan ditembaki selama perang saudara Lebanon dan dijarah serta dirusak oleh kaum Muslim. Sejumlah karya seni yang dijarah telah ditemukan, termasuk lukisan terkenal karya Eugène Delacroix yang mewakili Santo Georgius, santo pelindung katedral dan Keuskupan Agung kota tersebut di Beirut. Katedral ini dipulihkan setelah berakhirnya permusuhan dan diresmikan kembali oleh Patriark Maronit Nasrallah Boutros Sfeir pada 24 April 2000.[1]

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Kartu pos Beirut menunjukkan katedral Saint George, awal abad ke-20.

Katedral Santo George dibangun oleh Monsinyur Joseph Debs, Uskup Agung Beirut, di lokasi gereja sebelumnya yang juga didedikasikan untuk santo yang sama. Bangunan sebelumnya dibangun pada tahun 1755 untuk melayani kaum Maronit di Beirut.[2] Pekerjaan dimulai pada tahun 1884 menggunakan kolom Romawi dari kuil Deir El Qalaa di Beit Mery .[3] Bangunan ini selesai dibangun dan ditahbiskan pada Minggu Palma pada tahun 1894. Dibangun berdasarkan rencana sebuah basilika dengan bagian tengahnya dan dua lorong samping yang dipisahkan oleh dua baris kolom, katedral ini memiliki fasad bergaya neo-klasik yang dirancang oleh arsitek Italia Giuseppe Maggiore. Interiornya secara umum memiliki kemiripan dengan Santa Maria Maggiore di Roma.[4]

Bagian tengahnya ditutupi dengan langit-langit coffer dengan struktur kayu berlapis emas dan ganda, ditutupi dengan daun emas dengan latar belakang krem. Dindingnya dihiasi dengan plesteran dan marmer. Di atas altar utama terdapat kanopi empat kolom. Di bagian belakang, dalam paduan suara, terdapat cathedra (takhta uskup) dari Uskup Agung Beirut, dan kursi yang digunakan oleh Paus Yohanes Paulus II selama masa pastoralnya kunjungan ke Lebanon pada tahun 1997.[5]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Terinspirasi oleh Basilika Santa Maria Maggiore di Roma, Katedral Saint George Maronite dibangun antara tahun 1884 dan 1894, dan diresmikan oleh Uskup Youssef Debs. Sebelumnya, komunitas Maronit di Beirut telah memanfaatkan sebuah gereja kecil yang berdiri di dekatnya dan dibangun pada tahun 1753. Pada tahun 1954, insinyur Antoun Tabet melakukan pekerjaan restorasi di dalam katedral. Awalnya direncanakan dalam bentuk salib, transeptnya diperpendek dan ditambahkan lengkungan di kedua ujungnya. Rusak parah selama Perang Saudara Lebanon (1975–1990), katedral ini direhabilitasi sepenuhnya pada tahun 1997, memulihkan bentuk salib Renaisans aslinya. Diresmikan pada bulan April 2000. Di bawah halaman depan paviliun katedral, sisa-sisa arkeologi yang signifikan telah digali dan dilestarikan. Di antaranya adalah bangunan Helenistik, bagian dari jalan bertiang Romawi Decumanus Maximus, dan tembok Utsmaniyah.

Pada tanggal 19 November 2016, Uskup Agung Beirut Paul Matar meresmikan campanile baru yang pembangunannya memakan waktu satu dekade. Campanile ini tingginya 72 m (236 ft 2+12 in); desain aslinya membayangkan menara lonceng setinggi 75 m (246 ft 1 in) agar sesuai dengan ketinggian menara lonceng basilika Santa Maria Maggiore di Roma. Menurut uskup agung, pengurangan ketinggian menara lonceng agar setara dengan menara di sebelah Masjid Muhammad Al-Amin bertujuan untuk mengirimkan pesan solidaritas dan keharmonisan antaragama.[6]

Pada tanggal 4 Agustus 2020, katedral rusak akibat ledakan Beirut[7] yang merobek pelabuhan Beirut. Beirut dilanda kekacauan besar pada saat itu, yang meninggalkan banyak keluarga tunawisma, rumah-rumah yang terpencar-pencar, dan orang-orang yang kehilangan tempat berlindung. Secara khusus, katedral sangat terkena dampak ledakan tersebut. Pintu dan jendela pecah dan berserakan, kaca berwarna beserta kusennya yang cacat berserakan dimana-mana. Katedral juga mengalami kerusakan atap bernada di mana batu bata pecah atau salah tempat dan retakan terlihat pada balok dan cat marmer. Langit-langit juga terkena dampak karena beberapa panel tidak pada tempatnya, melayang di udara, atau terjatuh seluruhnya. Perlengkapan listrik, penerangan dan tata suara rusak atau terputus. Pasca ledakan, relawan langsung mengambil tindakan seperti membersihkan tempat, mengerahkan perabotan, menyortir barang-barang yang rusak, dan menata barang-barang yang tidak rusak. Proses renovasi diluncurkan karena pendanaan dari banyak donor dari Lebanon dan negara lain. Untungnya, meskipun katedral mengalami kehancuran tiada akhir, selalu ada seseorang yang merawat tempat bersejarah dan spiritual ini dan mengembalikan simbol penting utama kehadiran kaum Maronit di Ibu Kota Lebanon dan ekspansi mereka ke seluruh wilayah Lebanon. .

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Gereja Santo Georgius terletak di pusat kota Beirut. Ini adalah salah satu bangunan keagamaan terpenting di kota ini. Tepat di sebelahnya adalah Masjid Sunni Mohammad Al-Amin. Sekitar delapan puluh meter di utara adalah Katedral Ortodoks Yunani Saint George dari Gereja Ortodoks Yunani Antiokhia.

Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

1884–1894: Pembangunan katedral yang terinspirasi oleh Basilika Santa Maria Maggiore di Roma.

1954: Pekerjaan restorasi di dalam katedral dilakukan oleh Antoun Tabet.

1975–1990: Perang Saudara menyebabkan katedral rusak parah.

1997: Rehabilitasi Katedral pasca perang mengarah pada pemulihan bentuk salib Renaisans aslinya. Peninggalan arkeologi yang signifikan telah digali dan dilestarikan.

April 2000: Peresmian Katedral.

19 November 2016: Peresmian menara lonceng.[6]

4 Agustus 2020: Ledakan Beirut merusak katedral.[7]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Saint George Beirut, Masjid El Omari". 
  2. ^ Keuskupan Agung Beirut. "cathedrale". Keuskupan Agung Beirut. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 11, 2007. Diakses tanggal 2010-01-08. 
  3. ^ "Kementerian Pariwisata :: Destinasi Lebanon". 
  4. ^ [Vloeberghs, Ward (2008), "Salinan yang diarsipkan" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-02-25. Diakses tanggal 2010-01-13.  , PDF). ISSN 1028-3625. Diakses tanggal 13-01-2010.]
  5. ^ [Morel, Elodie. "Tempat ibadah di Pusat Kota: secercah keberagaman". iloubnan. Diakses tanggal 08-01-2010.]
  6. ^ a b Perry, Tom (23 November 2016). "Cakrawala Beirut menampilkan persaingan agama dan harmoni". Reuters. Diakses tanggal 12 Desember 2016. 
  7. ^ a b Rea, Naomi (5 Agustus 2020). "'Saya Ragu Layak Dibuka Kembali': Ruang Seni di Beirut Hancur Akibat Ledakan Mematikan di Kota". Art Net.