Katedral Maracay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Maracay
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Asunción
Katedral Maracay
LokasiMaracay
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Maracay

Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Asunción de Maracay)[2] disebut juga Katedral Maracay adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Maracay,[3][4] negara bagian Aragua di Venezuela.

Katedral ini adalah tahta Keuskupan Maracay, tidak seperti katedral lain di kota-kota Venezuela yang menghadap Plaza Bolivar, Katedral Maracay terletak di seberang Plaza Girardot, yang didirikan untuk menghormati pahlawan lokal.[5]

Ketika didirikan, gereja ini dimulai sebagai "Gereja Maracay" yang dibangun di lahan Marquis de Mijares pada akhir abad ketujuh belas dan pastor pertamanya adalah Francisco Pérez Estopiñán pada tahun 1701. Penampilannya saat ini adalah hasil dari berbagai modifikasi sepanjang sejarah kota. Mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan pusat kedudukan keuskupan Latin Maracay (Dioecesis Maracayensis).

Katedral ini berbeda dengan katedral Katolik lainnya yang didedikasikan untuk devosi Maria yang sama di kota yang sama namun terletak di San Jacinto dan digunakan oleh ritus Katolik Siria (juga di bawah otoritas Paus di Roma).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga di Maracay
  2. ^ "Katedral Ntra. Sra de la Asunción". diocesisdemaracay.org.ve. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-22. Diakses tanggal 2016-04-27. 
  3. ^ Maracay: espacio y memoria : aproximación al timepo, paisaje, arquitectura, iconos y vida de la ciudad. Museo de Arte Contemporáneo de Maracay Mario Abreu. 1996-01-01. 
  4. ^ Atlas geográfico histórico del estado Aragua: República Bolivariana de Venezuela : kontene materi pedagógico y turístico de sus 18 municipios. ISBN 9789803530549. 
  5. ^ "VenezuelaTuya". Venezuela Tuya.