Katedral Macerata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Macerata
Katedral Santo Yulianus
bahasa Italia: Cattedrale di S. Giuliano
Katedral Macerata
LokasiMacerata
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Macerata-Tolentino-Recanati-Cingoli-Treia

Katedral Macerata (bahasa Italia: Cattedrale di Macerata; Duomo di Macerata; Cattedrale di San Giuliano) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Macerata, provinsi Macerata, wilayah Marche, Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini dibangun pada tahun 1459-1464 sesuai desain Cosimo Morelli; ia menjalani rekonstruksi pada tahun 1771. Bagian depan dan menara lonceng persegi yang berdekatan (1478), yang menonjol ke depan ke dalam piazza, masih belum selesai dari batu bata. Reka bentuk menara ini dikaitkan dengan Marino di Marco Cedrino.

Interiornya didekorasi pada tahun 1771 dengan gaya neoklasik. Hal ini ditandai dengan kolom kembar besar, yang membagi tiga bagian tengah dan kubah. Altar utama menggambarkan St Julian menjadi perantara dengan Madonna dan Anak untuk meringankan wabah(1786) oleh Cristoforo Unterberger. Di bawah loteng paduan suara cerita kedua terdapat kanvas (1602) karya Filippo Bellini. spandrels apse dilukis dengan Agama dan Kebajikan Teologis (1938) oleh Silvio Galimberti.

Di altar pertama di sebelah kanan (didirikan oleh keluarga Ferri) terdapat kanvas yang menggambarkan Pemindahan Kunci ke Santo Petrus oleh seniman Bolognese yang tidak disebutkan namanya. Kapel kedua di sebelah kanan mempunyai gambaran Madonna antara Saints Sebastian dan Andrea (1600) oleh Andrea Boscoli. Di transept kanan terdapat mosaik yang menggambarkan Malaikat Agung Santo Michael (1628) yang dibuat oleh Giambattista Calandra, aslinya untuk Basilika Santo Petrus di Vtican. Di sepanjang transept kiri terdapat Kapel Sakramen Kudus (1932) dengan gaya neo-rococo karya Giuseppe Rossi dengan kubah yang diberi lukisan dinding oleh Pavisa. Altar ketiga di sebelah kanan (dei Compagnoni) mempunyai kanvas dengan gambaran San Carlo Borromeo (1790) oleh Vincenzo Martini.

Di kapel pertama di sebelah kiri terdapat kolam baptisan, dan sebuah fragmen model kayu besar (abad ke-17) yang mereproduksi proyek Michelangelo untuk Basilika Vatikan.

Sakristi melestarikan triptych dari Madonna dan Anak bersama Saints Anthony Abbot dan Giuliano (1369) oleh Allegretto Nuzi; sebuah Madonna dalam Kemuliaan antara Santo Giuliano dan Anthony dari Padua oleh Vincenzo Pagani; a Madonna dan Anak bersama Santo Yohanes Pembaptis, Sebastian, James the Major (1574) oleh Gaspare Gasparini; sebuah Kelahiran Maria oleh Sforza Compagnoni; sebuah Pietà oleh Filippo Bellini; sebuah Keajaiban St Gregorius oleh Andrea Sacchi yang dirancang untuk kapel Gregorian di Basilika Santo Petrus di Vatikan. Di altar kapel San Giuliano terdapat kanvas yang menggambarkan Julian di hadapan malaikat yang mengumumkan kematiannya yang akan datang (1738) oleh Francesco Mancini.

Organ di paduan suara kanan dibangun oleh Gaetano Callido pada tahun 1790. Di bawah gereja terdapat ruang bawah tanah dengan tiga altar. Gereja adalah penjaga peninggalan St Julian.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kantor Pariwisata March, pintu masuk gereja.