Katedral Lucera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lucera
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di Maria SS. Assunta di Cielo
Katedral Lucera
LokasiLucera
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lucera-Troia

Katedral Lucera (bahasa Italia: Duomo di Lucera; Basilica cattedrale di Santa Maria Assunta di Lucera; juga populer Santa Maria della Vittoria) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Lucera, Apulia, Italia. Dedikasinya adalah pada Maria Diangkat ke Surga tetapi juga dikenal sebagai Santa Maria della Vittoria dari patung Madonna yang disimpan di sini. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Lucera-Troia (sebelumnya dari Uskup Lucera), dan juga merupakan basilika minor. Dalam bentuknya yang sekarang, sebagian besar berasal dari abad ke-14. Ini adalah salah satu dari sedikit bangunan di Apulia yang gaya Arsitektur Gotik dari penguasa Prancis abad pertengahan tampak hampir tidak berubah.[1]

Situs dan dedikasi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini terletak di pusat kota bersejarah Lucera, di Piazza del Duomo. Dedikasinya, pada Maria Diangkat ke Surga, mengacu pada patung kayu kecil Perawan Maria yang disepuh emas pada akhir abad ke-14, yang memiliki julukan Madonna della vittoria ("Madonna Kemenangan") , karena konon memperingati kemenangan Dinasti Anjou atas Hohenstaufen di Italia Selatan.[2]

Sejarah pondasi dan konstruksi[sunting | sunting sumber]

Gereja yang sekarang berdiri di lokasi gereja yang lebih tua, yang pada masa Kaisar Frederick II diubah menjadi masjid untuk digunakan oleh Saracen dari Sisilia yang telah dimukimkan kembali di dekat Kastil Lucera dan mempertahankan keyakinan Islam mereka, dari siapa Frederick membentuk pengawalnya.

Setelah pembantaian atau perbudakan sebagian besar orang Saracen pada tahun 1300 di bawah Charles II dari Napoli masjid tersebut dihancurkan. Charles memerintahkan sebuah gereja baru (katedral yang sekarang) untuk dibangun di lokasi tersebut, mungkin di bawah pengawasan ahli bangunan Pierre d'Agincourt. Konstruksinya selesai pada tahun 1317. Ini adalah gereja batu bata Gotik paling selatan di benua Italia dan salah satu dari sedikit contoh gaya Gotico Angioiano di luar kota Napoli.

Pada abad ke-16 dan ke-17 interior gereja direnovasi sesuai dengan selera Barok. Pada abad ke-19, perubahan-perubahan ini sampai batas tertentu dapat diatasi. Paus Gregorius XVI mengangkat gereja tersebut ke peringkat basilika minor pada tahun 1834.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Willemsen: Apulien, hal. 41
  2. ^ Rotter: Apulien, hal. 96